Masa-masa habis putus, memang paling enggak enak buat dilewatin. Galau, sedih, dan depresi, kayaknya udah jadi gambaran pertama yang muncul dari orang-orang yang habis putus. Setiap lagu yang diputer, kayaknya mengingatkan tentang sosok mantan. Tiap ke restoran, pasti ingetnya makanan favorit mantan. Tiap ada chat yang masuk, berharapnya dari mantan. Pokoknya semua serba mantan dan mantan. Well, everything needs process. It's indeed true tapi, kamu enggak boleh terlalu terlarut dalam kesedihan, sampai-sampai kamu melewatkan banyak hal dalam hidup. Untuk itu, yuk simak beberapa tips yang sudah dirangkum di bawah ini:

1. Menyibukkan diri dengan hal yang baru

Advertisement

Ini memang tips lawas, dear. Tapi, tips ini bakalan jadi tips yang enggak akan usang dimakan waktu. Karena dengan menyibukkan diri, kamu akan lupa akan masalah yang sedang menimpamu. Coba sesuatu yang baru, misalnya bikin online shop dari baju-baju bekas pemberian mantanmu. Cari kerjaan sampingan, misalnya menjadi penulis bayaran atau fotografer. Atau kamu bisa coba sesuatu yang baru seperti hiking, jalan-jalan ketempat yang enggak pernah kesampaian, tapi ada di bucket list-mu. Kamu juga bisa mempelajari bahasa asing yang baru. Learn new language and start to join a foreign language course. Learn something new, bisa bikin kamu menyadari apa yang sudah kamu lewatkan ketika kamu sedang in relationship dengan mantanmu.

2. Hang out bareng temen

Pastinya, kalau kamu adalah seorang yang enggak bisa berdiri sendiri, kamu harus wajib untuk ngajak temanmu dan minta temanmu untuk nemenin kamu. Ini adalah saat yang tepat untuk menghabiskan waktu dengan teman-temanmu dan bercerita mengenai perasaanmu. Tapi ingat! Jangan lebay no drama, ya!

Advertisement

3. Olahraga

Dear, putus itu memang menyakitkan, tapi jangan lupa untuk selalu sehat dan keep in shape. Buat kamu yang hobi berolahraga, tambah jenis olahragamu, misalnya Muay Thai, Yoga, Pilates, Zumba, hiking, dll. Buat kamu yang belum, let's start to do the exercise from now! Karena berolahraga bisa membantumu untuk selalu fit dan melepaskan rasa stres kamu. Dalam keadaan putus, jangan malas-malas untuk selalu berolahraga. Di saat seperti ini stretching your body will be one of the best way to get out from the pain.

4. Try to meet someone new

Disini artinya bukan having another relationship with someone new ya, tetapi biarkan dirimu sendiri sejenak merenung dan menjalin persahabatan yang baru. Enggak ada salahnya untuk mulai membuka jalinan yang baru dengan bergabung dengan komunitas yang enggak pernah kamu temui sebelumnya. Banyak aplikasi yang sebenarnya bisa kamu gunakan untuk menemukan komunitas baru. Misalnya komunitas bahasa asing seperti bahasa Korea, Cina, Perancis, dan sebagainya. Siapa tahu disana nemu yang cocok? hehe

5. Acceptance

Semua butuh proses dan semua proses butuh waktu. Enggak ada yang otomatis di dunia ini. Istilahnya bahkan lampu kalau mau nyala saja, harus ada proses aliran listrik, apalagi kamu yang sedang dalam masa terluka. Well, hal itu enggak mudah tapi memang it's a part of life yang enggak bisa kamu lewatkan. Untuk itu, belajar untuk menerima adalah kunci dari cepat atau enggaknya kamu bisa move on. Kalau kamu masih enggak bisa menerima keadaan, kamu akan stuck disitu situ aja mengingat kenangan dia. Atau kamu mau maju dan menerima kenyataan, bahwa memang jodoh bukan kamu yang mengatur. Love will find its way. Jadi, hapus semua kekhawatiranmu dan mulai jalani hidupmu.

Jangan sampai sedih berlarut-larut terus, matahari masih bersinar. Jalani kembali hidupmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya