Mencari pekerjaan memang gampang-gampang susah. Kadang surat lamaran kerja yang telah dikirim pun belum tentu langsung di terima. Ada banyak sekali pilihan pekerjaan yang tersebar di berbagai iklan lowongan pekerjaan. Kadang kita pun dibuat bingung harus memilih yang mana. Tapi tidak semua pekerjaan tersebut cocok dengan kita. John Holland merumuskan ada 6 tipe pekerjaan sesuai kepribadian. Nah, biar kamu tidak bingung, yuk cari tahu pekerjaan apa yang cocok buat kamu.

1. Tipe Realistik

Advertisement

Kalau kamu memilki keahlian dengan mesin, alat atau binatang, maka kamu termasuk dalam tipe ini. Biasanya tipe realistik tidak terlalu menyukai aktivitas sosial. Tipe ini biasanya bersifat praktis, mekanis dan realistis. Contoh pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah insinyur atau polisi.

2. Tipe Artistik

Tipe artistik digambarkan sebagai orang yang memiliki jiwa seni dan kreativitas tinggi. Umumnya orang-orang dengan tipe ini sangat tertarik dengan dunia seni dan sastra. Mereka juga memiliki jiwa yang lebih ekspresif dan mandiri. Kamu yang memiliki tipe artistik sangat cocok bekerja di bidang seni seperti desainer grafis atau komposer.

Advertisement

3. Tipe Investigatif

Orang bertipe investigatif pasti pandai dalam memecahkan masalah. Akan tetapi orang-orang seperti ini umumnya menghindari pekerjaan yang bersifat memimpin. Orang-orang bertipe ini biasanya presisi dan intelektual. Kalau kamu termasuk dalam tipe investigatif, maka kamu cocok bekerja sebagai ahli kimia atau psikiater.

4. Tipe Sosial

Apabila kamu termasuk orang yang suka menolong sesama dan pandai bergaul, maka kamu tergolong tipe sosial. Orang dengan tipe sosial biasanya senang melakukan kegiatan seperti mengajar atau merawat orang lain. Bekerja sebagai guru atau perawat bisa menjadi pilihan bagi kamu.

5. Tipe Usahawan

Tipe usawahan memiliki jiwa usahawan yang baik. Mereka biasnya lebih mudah dalam memilih pekerjaan. Tipe ini melihat dirinya sebagai pribadi yang sangat baik dalam hal kepemimpinan. Kamu yang memiliki tipe ini cocok bekerja sebagai marketing atau pengusaha.

6. Tipe Konvensional

Apabila kamu merasa menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan angka dan berkas, maka kamu termasuk tipe konvensional. Kamu dapat memilih pekerjaan sebagai akuntan atau administrasi. Karena tipe konvensional biasanya menyukai pekerjaan yang serba teratur.

Kamu termasuk tipe nomor berapa guys? Tapi apapun tipemu, selalu lakukan pekerjaan dengan hati ya supaya hasilnya lebih baik. Tentunya kamu juga nyaman dengan pekerjaanmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya