Travelling merupakan suatu aktivitas yang menyenangkan dan dapat membuat hati dan pikiran kita merasa tenang dan fresh dari kegiatan yang sehari-hari kita lakukan. Untuk itu, pergilah travelling dengan mengunjungi tempat-tempat yang menurut anda bisa membuat perasaan lebih fresh kembali. Tetapi apabila kita mengunjungi tempat yang pernah kita kunjungi sebelumnya bisa saja membuat anda bosan nantinya.

Di Indonesia memang banyak tempat indah nan eksotis yang dapat anda jadikan sebagai tempat liburan, contohnya yaitu Pantai Kuta, Pulau Komodo, Pantai Pangandaran, Malioboro, dan masih banyak lagi. Supaya anda tidak merasa bosan dengan bertravelling ke tempat itu-itu saja, kali ini Hipwee akan merekomendasikan tentang wisata “Hidden Paradise” di Indonesia yang patut anda kunjungi nantinya jika mau berlibur. Cekidot!!

Advertisement

1. Labuan Cermin di Kalimantan Timur

Labuan Cermin merupakan sebuah danau yang memiliki air yang berwarna hijau kebiru-biruan dan sangat bening, sehingga ikan dan dasar danau tersebut bisa terlihat dari atas permukaan dengan sangat jelas. Apalagi jika sinar matahari yang menyorot ke arah danau tersebut sinarnya dapat menembus ke dalam dasar danau hingga membuat alam bawah air terlihat sangat menakjubkan. Wow, mantap kali ya.

Keunikan lain yang terdapat di Labuan Cermin ini ialah bahwa air tawar dan air laut mengalir berdampingan bagaikan dipisahkan oleh kaca yang tak terlihat oleh indera pengelihatan kita. Danau Labuan ini belokasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Selain Danau Labuan Cermin, juga masih ada banyak potensi wisata yang memiliki view indah di sini, di antaranya ada Teluk Sulaiman yang merupakan teluk besar dengan bentuk landscape, hamparan air lautnya dibatasi oleh dinding pegunungan yang hijau.

Advertisement

2. Air Terjun Tiu Kelep di Lombok

Anda pernah mendaki Gunung Rinjani di Lombok, NTB? Bagi anda yang pernah hiking ke gunung tersebut pastinya akan mengenal Air Terjun Tiu Kelep ini. Air Terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian kurang lebih 42 meter dan juga bertingkat-tingkat. Debit airnya bisa di bilang sangat deras dan di sini anda dapat menemukan sebuah kolam dengan kedalaman air kurang lebih sepinggang menghiasi di bawahnya. Ada sebuah mitos dari masyarakat setempat bahwasanya jika ada orang yang mandi di tempat tersebut bisa menjadikannya awet muda.

Lokasi Air Terjun Tiu Kelep ini lebih tersembunyi daripada Air Terjun Sendang Gile, yaitu berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok. Jika anda menepuh perjalanan dari Air Terjun Sendang Gila, anda membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 45 menit, maka dari itu Air Terjun Tiu Kelep ini disebut sebagai hidden paradise karena letaknya yang sangat tersembunyi dan keindahan alamnya bagaikan surga dengan nuansa alamnya yang masih asri.

3. Pantai Pulau Siladen di Manado

Taman Nasional Bunaken terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Berbeda halnya dengan Pantai di Pulau Siladen yang lebih menonjolkan keindahan dari segi pasir pantai yang berwana putih dan berkilau bak berlian, serta dihiasi oleh hijaunya tumbuhan tropis yang mengelilingi pulau dengan luas 31,25 hektar ini. Nama Siladen memiliki arti kata Kandas. Dan konon katanya, ada sebuah kapal yang mengalami kecelakaan di tengah laut dan tenggelam, lokasi tenggelamnya kapal tersebut diberi nama Siladen.

Alam bawah laut di Pulau Siladen ini juga sangat menakjubkan, pasalnya terdapat terumbu karang dengan berbagai biota laut yang hidup di dalamnya. Terdapat dua spot menyelam yang menyuguhkan keindahan alam laut yaitu di Siladen dan di Siladen Utara dengan kedalaman air sekitar 20-50 meter. Dan juga ombak di Pulau Siladen ini tidak terlalu besar, oleh karena itu tempat ini cocok sekali untuk berenang dan snorkling. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut tetapi tidak bisa berenang, tenang saja, anda bisa menikmatinya dengan menggunakan kapal atau perahu berkaca atau katamaran.

4. Curug Ngebul di Cianjur

Curug Ngebul merupakan sebuah air terjun dengan ketinggan 100 meter. Curug ini terletak di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur dan berada di ketinggian 100 Mdpl. Keadaan alam di curug ini masih bersih dan memiliki suasana yang asri pegunungan. Di sekitar curug terdapat beberapa tempat lain yaitu seperti Goa Peteng, hamparan bebatuan unik bernama Batu Kurung dan Talaga Wastu. Curug Ngebul memiliki sebuah cerita yang konon katanya ada seorang putri mandi di tempat ini dan tiba-tiba ngebul atau berasap.

Selain dipakai untuk tempat mengambil foto alam, di sini juga terdapat kegiatan yang banyak menarik perhatian dari para pengunjung, yaitu kegiatan wall climbing menuju ke atas Curug Ngebul. Bagi anda yang memiliki nyali dan keberanian, bisa mencoba melakukan hal tersebut. Perjalanan ke tempat ini akan banyak memakan waktu dan cukup menguras tenaga karena memang jauh dari lokasi perumahan atau memiliki jarak tempuh sekitar 72 km dari pusat Cianjur, serta harus melewati jalan setapak, sehingga Curug Ngebul ini cocok dikatakan sebagai hidden paradise yang harus anda kunjungi.

5. Jojogan atau Wonder Hill di Pangandaran

Pangandaran merupakan daerah kabupaten yang memiliki beragam tempat indah dan cocok untuk dijadikan sebagai tujuan wisata, di antaranya ada Pantai Pangandaran yang merupakan obyek wisata populer di kalangan masyarakat Jawa Barat. Sampai-sampai ada juga yang menyebutnya sebagai Bali-nya Jawa Barat. Baru-baru ini telah dibuka sebuah obyek wisata alam yang menyuguhkan pemandangan alam dari ketinggian, yang terletak di Dusun Gunung Tiga, Desa Cintaratu, Pangadaran yaitu obyek wisata Jojogan atau bahasa kerennya Wonder Hill.

Jojogan memiliki beragam destinasi wisata yang komplit. Kebanyakan pengunjung yang datang ke tempat ini hanya untuk berselfie dengan background Samudera Hindia. Kita juga dapat merasakan keindahan alam lain berupa kegiatan body rafting menyusuri sungai dan tracking meyusuri keindahan alam Jojogan menggunakan mobil offroad. Nama-nama lain dari tempat di sini ialah Kedung Bunder, Curug Jojogan, Taman Farikota, dan masih banyak lagi. Tempat ini juga cocok sekali dijadikan sebagai camping ground. Untuk dapat menuju ke tempat ini memakan waktu 45 menit dari Pantai Pangadaran.

Itulah beberapa tempat yang layak menyandang sebagai Hidden Paradise yang menyuguhkan keindahan alam yang patut anda kunjungi jika liburan nanti. Anda bisa membagikan artikel ini supaya orang-orang di sekitar anda tahu keberadaan tempat tersebut. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda tentunya. Terima kasih telah membaca.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya