Inilah Keutamaan Asma'ul Husna Untuk Kehidupan Dunia Dan Akhirat yang Perlu Umat Islam Ketahui

Jaminan Surga Bagi Orang-Orang Yang Menghafal, Merenungkan Dan Mengamalkan Asma'ul Husna

Sobat Muslim semuanya, di dalam Al Quran Allah Ta'ala telah memberitahukan nama nama-Nya yang sangat mulia dan indah, dan apabila kita berdoa dengan menyebut salah satu nama nama Allah tersebut maka doa yang kita panjatkan akan diijabah atau dikabulkan oleh Allah Ta'ala.

Dasar hukum dari berdoa dengan menyebutkan nama-nama Allah Ta'ala terdapat pada surat Al A'raf ayat 180 yang bunyinya sebagai berikut :

Advertisement

Artinya : Hanya kepunyaan Allah Asmaa'ul Husna, maka mintalah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama Allah (Asmaa'ul Husna) itu serta tinggalkanlah orang-orang yang keluar dari kebenaran dalam (menyebut) Asmaul Husna. Kelak mereka itu akan mendapatkan balasan dari apa yang telah mereka kerjakan.

Dan dalam riwayat hadist disebutkan bahwasannya setiap orang yang menghafal nama-nama Allah Ta'ala akan masuk kedalam surga, dan berikut ini bunyi salah satu hadits tersebut :

Artinya : “Sesunguhnya Allah itu memiliki 99 nama, seratus kurang satu, siapa yang menjaganya maka dia masuk surga.” (Hadits Riwayat Bukhari nomor 2736, Hadits Riwayat Ahmad, nomor 7493 Dan Hadits Riwayat Muslim nomor 2677).

Advertisement

Dan maksud dari kata "menjaga" disini seperti yang di katakan oleh Syaikh Abdul Aziz Bin Baz ada 3 poin penting, dan diantaranya adalah.

1. Merenungkan akan makna dari Asmaul Husna tersebut

Maksud dari poin pertama ini adalah kita dianjurkan untuk merenungkan makna dari Asmaul Husna, seperti contoh Ar-Rahman yakni maha pengasih, kita renungkan bahwasannya Allah Ta'ala itu adalah zat yang maha mengasihi semua makhluknya tanpa terkecuali dan kita mengimani akan hal tersebut.

2. Menghafalkan Asmaul Husna

Keutamaan dari menghafal Asmaul Husna adalah kita akan menjadi manusia yang lebih rendah diri dan rendah hati, karena setelah kita merenungkan dan menghafal setiap nama-nama Allah yang mulia (Asmaul Husna) kita akan tersadar bahwasanya kita adalah makhluk yang amat lemah dan tak punya daya upaya kecuali atas pertolongan Allah.

3. mengamalkan isi kandungan dari Asmaul Husna

Maksud dari poin ke 3 ini adalah kita dianjurkan untuk mengamalkan isi kandungan atau makna dari setiap Asmaul Husna, seperti contoh Allah adalan zat yang maha pengampun maka sudah sepantasnya kita sebagai makhluk-Nya harus memiliki sifat yang mudah memaafkan.

Allah Ta'ala yang maha besar adalah zat yang maha pengampun kenapa kita sebagai makhluk yang sejatinya lemah tidak memiliki sifat pemaaf terhadap sesama! Jadi, bukan hanya menghafalkannya terus kita akan masuk surga, namun kita butuh pengamalan akan asma Allah tersebut.

Dan yang harus digaris bawahi adalah, terdapat banyak sekali kebaikan untuk diri kita baik di dunia maupun di akhirat dengan menghafalkan nama nama Allah tersebut, terlebih lagi bagi kita yang merenungkan serta mengamalkannya, Rosulullah Shallallahu'alaihi Wasalam mengabarkan bahwasannya akan masuk surga orang yang demikian itu.

Pastinya semua itu tidak akan terjadi jika kita tidak memulai dengan niatan yang kuat untuk menghafalnya, dan setelah menghafalkannya lalu kita iringi dengan tindakan, jadi sudah tidak mengherankan jika orang-orang yang menghafal Asmaul Husna dan mengamalkannya akan menjadi seorang yang bertakwa dan dijanjikan masuk surga.

Dan yang terakhir, dengan menghafal dan mengamalkan Asmaul Husna merupakan sebab kebaikan bagi hati, kita akan memiliki kesempurnaan takut kepada Allah Ta'ala dan akan selalu menunaikan kewajibannya sebagai hamba atau ciptaan-Nya.

Semoga kita bisa menjagi seorang muslim yang baik dengan harapan terbaik, yakni selamat di dunia dan juga di akhirat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE