Suka dibilang baper sama temen kamu? Apa-apa kamu masukin hati? Biasa jadi kamu seorang empath.

Pernah mendengar, mengenal atau bertemu dengan seorang empath? Saya belum menemukan definisi yang bisa dikatakan seacara ilmiah. Namun jika kamu menelusuri di Google, kamu akan menemukan berbagai website tentang empath. Jika ditarik kesimpulan adalah orang yang sangat sensitif terhadap perasaan orang lain atau yang biasa kita kenal dengan rasa empati.

Advertisement

Mereka yang mengaku seorang empath dalam beberapa kasus, bahkan bisa ikut mengeluarkan tindakan yang berkaitan dengan perasaan orang lain, seperti menangis ketika merasakan sedih, marah ketika merasakan emosi, bahkan orang yang merasakannya sendiri tidak bisa mengeluarkan emosi itu, dan disinilah cara mereka mengambil peran.

Banyak orang yang tidak bisa atau tidak mengenali masalah mereka sendiri. Mereka tau ada yang salah tapi tidak bisa menganalisis lebih jauh lagi apalagi menyelesaikan masalah tersebut. Seorang empath dengan “kemampuan” mereka akan bisa membantu orang ini, mengatakan apa yang sebenarnya menjadi masalah mereka, dan mencoba menganalisis dan memberi jalan keluar. Tentu seperti jasa lainnya mereka juga akan “mendapat bayaran dari jasa mereka.”

Melihat fenomena ini, saya menganggap hanya sebuah praktik “cold reading” yang dibungkus dengan kemasan baru, dan pendekatan yang terlihat ilmiah. Sedikit informasi cold reading adalah teknik yang digunakan oleh orang (meski tidak semua) seperti pembaca kartu tarot, penulis ramalan bintang dan lain sebagainya yang menggunakan kata-kata umum namun seakan bersifat personal, seperti "Kamu memiliki beban yang berat yang tidak bisa kamu ungkapan", "Kamu memiliki masalah di masa lalu yang belum kamu selesaikan", "Bulan ini kamu akan bertemu dengan orang yang spesial" dan lain sebagainya.

Advertisement

Kita memang ditakdirkan terus mencari sesuatu yang selalu baru, praktik cold reading seperti ramalan bintang bagi kabanyakan orang sudah mualai tidak menarik, tapi kebutuhan akan bantuan memahami diri sendiri masih menjadi kebutuhan banyak orang dan mereka akan terus mencari.

Terlepas dari apakah memang benar atau tidaknya empath, apakah kamu tertarik untuk berkonsultasi dengan seorang empath? Atau malah kamu merasa punya teman, kenalan, bahkan dirimu sendiri seorang empath?

Jika ingin mengetahui lebih tentang empath, kamu bisa mencari berbagai artikel di Google dan sudah banyak juga yang berbahasa Indonesia.

Kalo boleh saya memberi rekomendasikan untuk memulai dengan melihat video dari kanal youtube VICE, dengan judul “Are you an Empath?”.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya