Jangan Takut Berbagi, Karena Berbagi Adalah Kebahagiaan yang Sejati

Berbagi itu bukan tentang ukuran ataupun jumlah, melainkan tentang keikhlasan hati.

Setiap manusia pasti memiliki hati nurani yang membuat kita tergerak untuk membantu orang lain. Membatu erat kaitannya dengan berbagi, kita bisa berbagi suatu hal semampu kita untuk menciptakan senyuman kecil di wajah orang lain.

Berbagi itu ibarat sebuah mesin pencipta kebahagiaan, ibarat kurir pengirim senyuman, ibarat obat dari keputusasaan. Selayaknya penyangga kehidupan, berbagi dapat membuat sesuatu yang nampak usang menjadi makana yang mendalam, karena dengan banyak berbagi kita bisa menciptakan ribuan cerita yang bermakna dalam hidup kita. Banyak sekali hal positif yang kita dapat ketika kita berbagi kepada orang lain, seperti dapat memaknai rasa syukur dengan lebih baik.

Advertisement

Terkadang kita terlalu banyak mengeluh, merasa belum cukup dengan apa yang kita miliki. Tanpa kita sadari teramat banyak orang di luar sana yang serba kekurangan. Mereka butuh bantuan, butuh perhatian, dan jauh lebih membutukan dukungan. Jangan hanya melihat, karena kedua lensa matamu hanya bisa meneteskan air mata yang tidak ada gunanya. Melangkahlah, gerakan kedua kakimu itu, ulurkan kedua tanganmu, rangkul mereka, hapuskan sepercik rasa sedih mereka dengan menyisihkan sedikit harta yang kita miliki, dan donasikan kepada mereka yang membutuhkan.

Namun pernahkah kamu merasa takut untuk berbagi? merasa ragu jika apa yang kamu bagi tidak akan dihargai orang lain? Bahkan kamu malah khawatir apa yang kamu miliki akan berkurang? Atau justru kamu ingin sekali berbagi, tapi niatmu harus terhambat karena takut harta yang kamu bagikan tidak sampai ke orang-orang yang tepat dan akan salah digunakan.

Kamu jangan khawatir, jangan ragu dan jangan takut lagi, karena ada Lembaga Dompet Dhuafa. Sejak tahun 1993, Dompet Dhuafa menyalurkan kebaikan zakat kamu kepada lebih dari 19 juta penerima manfaat. Dengan visi terwujudnya Masyarakat Dunia yang Berdaya Melalui Pelayanan, Pembelaan dan Pemberdayaan yang berbasis pada sistem yang berkeadilan, sehingga harta yang kamu bagikan sampai kepada mereka yang membutuhkan.

Advertisement

Bahagia itu apa sih? Apa ketika kamu bersama orang-orang yang kamu sayang? Atau menurutmu bahagia itu ketika kamu memiliki banyak uang dan mampu mendapatkan segalanya?

Tentu saja tidak.

Bahagia itu ketika hatimu merasa damai, ringan tanpa beban. Untuk mendapatkanya, sering-seringlah berbagi kepada orang lain, sekecil apa pun hal yang kamu bagikan akan menjadi sesuatu yang berarti bagi mereka yang membutuhkan. Ketika kita berbagi dan berhasil membuat orang lain tersenyum, rasanya hati lebih damai, dunia terasa lebih indah, kehidupan terasa jauh lebih bermakna.

Jadi menurut saya berbagi adalah kebahagiaan yang sejati, kebahagiaan yang nyata, kebahagiaan yang tidak akan pudar oleh waktu, karena tuhan akan mencatatnya, akan membalasnya di dunia maupun di akhirat nanti. Kita bisa mendapat kebahagiaan murah meriah hanya dengan banyak berbagi kepada orang yang membutuhkan. Karena terkadang banyak harta dan memiliki segalanya tak cukup untuk membuat kita merasa bahagia

Jangan pernah takut atau pun ragu lagi untuk berbagi kepada orang lain. Yakinlah bahwa setiap hal kecil yang kita bagikan dengan rasa ikhlas, pasti Tuhan akan menggantinya dengan hal yang jauh lebih besar. Dan ingat, bahwa berbagi itu bukan tentang ukuran ataupun jumlah, melainkan tentang keikhlasan hati. Semua yang dilakukan dengan ikhlas pasti memiliki nilai lebih, termasuk dalam hal berbagi. Jadi mulailah berbagi, meski jumlahnya nampak tak berarti.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka menulis cerita fiksi

CLOSE