Banyak perempuan di luar sana yang mungkin bercita-cita menjadi seorang model. Mendengar dari cerita orang saja tidak cukup. Ditambah hebohnya kasus model yang terjerat prostitusi belakangan ini mungkin akan membuatmu dan orang tuamu khawatir. Jangan sampai salah langkah dalam menggapai mimpi kalian menjadi seorang model. Yuk simak agar kalian bisa mendapatkan pekerjaan model baik di fashion show ataupun photoshoot!

Untuk mendapat pekerjaan, tentunya tahapan pertama adalah casting. Casting biasa diselenggarakan beberapa minggu atau bahkan bulan sebelum fashion show atau pemotretan berlangsung. Pastikan informasi casting tersebut didapat dari orang yang terpercaya. Cek Instagram designer yang bersangkutan bila perlu. Umumnya, designer akan memberikan kriteria penampilan tertentu yang dianggapnya akan sesuai dengan pakaian yang akan dikenakan sang model. Saat casting, jangan lupa mengenakan pakaian yang telah ditentukan dan membawa composite card atau portofolio kalian. Saat casting, lakukan yang terbaik dan yang paling penting adalah percaya diri.

Advertisement

Jangan bohongi measurement kalian seperti tinggi dan berat badan karena saat casting biasanya akan ada pengukuran ulang khususnya fashion week. Jika itu adalah casting untuk pemotretan, maka kamu akan diminta untuk berpose beberapa kali di depan kamera sedangkan untuk fashion show, cara berjalan kalian yang akan dinilai. 

Hasil casting biasa diberikan beberapa minggu setelah casting selesai. Jika kamu terpilih sebagai model, maka mereka akan menghubungi kalian melalui kontak yang telah kalian tinggalkan saat casting. Makanya pastikan kalian telah memberikan data kontak yang benar. Jangan menyerah bila kalian belum lolos casting karena ini adalah suatu hal biasa di industri model. Jangan menyia-nyiakan waktu dan gunakan waktu untuk terus berlatih. Practice makes perfect!

Selain itu, koneksi juga sangat penting di dunia modelling. Manfaatkan waktumu saat casting untuk mencari koneksi di modelling. Koneksi yang dimaksud tidak hanya designer. Model, koreografer, fashion stylist, make up artist, hair stylist, dan lainnya juga bisa menjadi koneksi kalian. 

Advertisement

Selain casting, kalian juga bisa memulai karir kalian dari test shoot atau collaboration. Memang test shoot tidak dibayar tapi test shoot sangat membantu bagi kalian yang ingin menambah portofolio. Sebelum mengiyakan ajakan test shoot atau collaboration, kalian bisa mengecek terlebih dahulu hasil foto fotografer tersebut. Pastikan hasil fotonya sesuai dengan seleramu. Selain menambah portofolio, test shoot juga bisa menambah koneksi kalian. 

Memang tidak mudah menjadi seorang model akan tetapi semuanya mungkin jika kalian terus berusaha. Jangan berkecil hati jika belum lolos casting dan juga jangan mudah puas.

 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya