Lampau…

Begitu indah ketika hal berharga datang kepada kita, hingga kita tak mau hadir pada masa kini, sosok berharga dalam lampau menarik masa untuk mengingat kembali. Tempat, waktu, bahkan suasana akan termuat dalam memori akal. Keberhasilan dalam pengorbanan, kebanggaan dalam pencapaian, kepuasan dalam usaha akan menjadi bukti sejarah dirimu masa kini.

Advertisement


Tetapi begitu pedih, momok yang mengerikan terngiang dalam pikir. Trauma, ketakutan, kebencian akan hal itu membuat kita ingin teriak, menangis, ataupun marah. Seakan luka sembuh tergores kembali. Kekecewaan dalam penantian, penyesalan dalam penundaan, kebencian pada yang tersayang akibat kesalahan yang tak dimengerti dan pengorbanan yang tak terbalas.


Tak bisa kita memaksa akal untuk melupakan, meski hati ingin meninggalkan. Tak harus kita melupakannya. Biar itu semua berlalu oleh waktu, jangan sampai kita termenung untuk lampau. Termenunglah untuk masa depan. Dan ambillah pelajaran dari masa lampau. Semua itu bisa dilupakan, tapi bagaimana cara kita untuk bisa menerimanya dwngan lapang.

Dibalik pahitnya hidup dan takdir yang tak selalu bersahabat, ada hal menarik yang bisa kita ambil, yaitu hikmah. Seseorang takkan mencapai kedewasaan yang sempurna kalau dia belum bisa mengambil hikmah dari suatu peristiwa. Kedewasaan itu tak memandang berapa umur kita, tapi bagaimana kita menghadapi dan menyesaikan masalah. Saat itulah kedewasaan akan datang. Bukan meratapi dan menyesali kejadian yang sudah terjadi, tapi berpikir untuk memahami apa penyebab dan harus bagaimana mengatasinya.

Advertisement

Sebuah pelajaran kehidupan itu bisa datang dari apapun disekitar kita, tergantung cara kita menilai dan mengambil kesimpulan dari hal tersebut. Penyesalan tak akan berakhir selama kita masih di posisi sama. Cobalah kamu keluar dari zona amanmu, tunjukan bakat dan tetaplah percaya diri. Keyakinan yang tumbuh dalam hati akan menumbuhkan kekuatan luar biasa pada usaha kita.


Tetap semangat, tak berhenti untuk usaha, berdo'a kepada sang Pemilik Takdir, tawakkal pada-Nya. Takdir takkan pernah berkhianat meskipun yang datang adalah takdir duka. Mungkin itulah cara Tuhan menyayangimu. Percayalah bahwa takdir baik akan datang menghampiri kehidupanmu.


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya