Langkah Tersembunyi: Menapaki Jalan yang Tiada Arah dan Tujuan

Aku tak pernah berpikir, jalan seperti apa yang telah aku tempuh. Aku berjalan pada sebuah jarak yang begitu jauh; namun, aku tak pernah tahu; kemana arah dan tujuan itu. Aku berjalan, melewati setiap titik kehidupan. Aku tak pernah tahu, bahaya apa yang akan terjadi, akan seperti apa dan kemana arah tuk pulang; yang ku tahu saat itu, hanya satu; aku dapat menemukan arah itu.

Advertisement

Semakin aku berjalan dengan jarak yang jauh, tanpa aku sadari; aku banyak melupakan berjuta tujuan yang telah aku rangkap. Awalnya, aku berpikir; sebuah jalan itu dapat menemukan sosok diriku; namun, aku lupa, bahwa aku berjalan bukan untuk diriku sendiri.

Terlambat menyadari adalah sesuatu hal yang terjadi; namun, saat aku mencoba tuk kembali pada langkah itu, semakin aku tahu; banyak langkah yang telah aku lalui. Aku termenung. Aku berpikir, mungkinkah pilihan yang tak pernah berpihak, ataukah sebuah kesempatan yang tak pernah hadir di dalam diriku.

Aku menyadari satu hal; bukan sebuah pilihan yang salah, atau kesempatan yang tak pernah hadir; namun, sebuah keyakinan diri yang hilang saat aku melangkah pada jalan itu. Aku melupakan setiap keyakinan diri dalam hidup; aku tak pernah percaya pada diriku sendiri, aku terlalu larut pada sebuah ketakutan dan kegelapan; hingga aku menyadari, bahwa kesempatan itu hadir selalu di dalam hidupku.

Advertisement

Satu hal yang aku sadari; bahwa saat kita kembali, akan ada banyak pengorbanan yang terbuang; seperti sebuah langkah yang kita lewati; namun, kadang kala, jalan kehidupan yang kita lalui; harus kita pilih sendiri dengan sebuah keyakinan diri; karena sebuah kesempatan belum tentu hadir di tempat dan waktu yang sama.

Bukan sebuah pilihan yang tak pernah berpihak. Bukan sebuah kesempatan tak pernah hadir; namun, sebuah keyakinan diri yang tak pernah berani tuk melangkah. Rasanya mungkin seperti berjalan tanpa arah dan tujuan; berjalan pada jarak yang jauh, namun, tak pernah tahu waktu tuk pulang; seperti sebuah langkah tersembunyi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

"Love Myself, Love Yourself"

CLOSE