Halo sobat pecinta traveling, khusunya bagi anda yang menyukai kegiatan yang memicu adrenalin seperti berselancar atau surfing. Pada kesempatan kali ini, tim Serba Pangandaran akan membagikan kepada anda, tentang lokasi yang sering dijadikan sebagai tempat favorit untuk berselancar di Kabupaten Pangandaran. Pangandaran merupakan sebuah kabupaten yang berbatasan langsung dengan bibir pantai. Maka dari itu, banyak sekali terdapat spot spot tempat-tempat yang bisa anda jadikan sebagai tempat berselancar, jika anda liburan ke Pangandaran.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, kami akan menerangkan terlebih dahulu, apa itu surfing atau berselancar. Surfing merupakan sebuah olah raga air yang media utamanya menggunakan sebuah papan dan terdapat kendali dibawahnya,atau biasa disebut dengan pin. Papan tersebut akan bergerak apabila terkena dorongan arus atau ombak. Aktifitas ini awalnya dikenal oleh orang Amerika dan orang Australia pada awal abad ke-20. Olahraga ini sangat digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Oke, langsung saja kita masuk ke pembahasan tentang tempat berselancar yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Advertisement

Pantai Batukaras

Batukaras adalah pantai yang terletak di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangadaran. Pantai ini merupakan campuran dari pantai Batu Hiu dan pantai Pangandaran. Pantai batukaras ini memiliki teluk kecil yang merupakan bagian dari titik poin untuk mendapatkan ombak bagi para peselancar. Ada dua lokasi di pantai Batukaras yang sering dijadikan sebagai tempat berselancar, yaitu di Legok Pari dan Karang yang semua itu merupakan tempat favorit bagi turis yang berkunjung ke pantai ini.

Di pantai Batukaras ini, juga sering dijadikan sebagai ajang mengadu kemampuan atau lomba berselancar yang para pesertanya juga banyak yang berdatangan dari luar Kabupaten Pangandaran. Bagi anda yang masih awam terhadap aktifitas olahraga air yang satu ini dan mau mempelajarinya, anda bisa belajar di sini, karena di sini juga terdapat sebuah organisasi pecinta surfing yang bisa anda minta untuk membagi ilmunya. Ombak yang relatif kecil dan tidak terlalu liar, sangat cocok dijadikan untuk berselancar bagi para pemula. Satu lagi, pantai Batukaras ini sudah terkenal secara nasional maupun internasional sebagai salah satu pantai tujuan para peselancar.

Advertisement

Pantai Bulaksetra

Pantai Bulakserta atau pelabuhan Cikidang (Cileutik) ini, terletak di pantai timur Pangandaran, yang merupakan salah satu tempat favorit baru yang sering dipakai sebagai lokasi bermain papan selancar, selain pantai barat Pangandaran, Pantai Bulaksetra memiliki break water (pemecah gelombang) yan membuat ombak yang tercipta lebih beraturan. Selain alasan karena adanya pemecah gelombang tersebut, letak pantai Bulaksetra ini dipilih oleh para peselancar karena letaknya yang lebih dekat dibandingkan dengan tempat lain seperti di Batu Mandi. Oleh sebab itu, banyak sekali peselancar yang melakukan aksinya di sini, terutama pada sore hari.

Selain sering dipakai sebagai tempat para pecinta surfing, pantai Bulaksetra merupakan pantai yang sudah diresmikan oleh pihak Kementrian Parawisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Kawasan Wisata Edukatif Hutan Mangrove pada tanggal 7 Mei tahun 2014 lalu. Peresmian tersebut sekaligus merupakan sebagai penutup program STREAM (Sustainable Tourism Trough Energy Efficiency With Adaptation and Mitigation Measures) yang telah berjalan sejak tahun 2011 silam. Jadi, bagi anda yang mengunjungi lokasi ini dan sedang malas atau tidak bisa melakukan selancar, anda bisa mengunjungi objek wisata hutan mangrove tersebut sebagai alternatif lain liburan anda.

Pantai Madasari

Pantai ini berjarak kurang lebih 40 kilometer dari pantai Pangandaran, tepatnya di desa Cimerak. pemandangan alam di pantai Madasari sangatlah eksotis dan masih tergolong benar-benar alami, karena masih belum terjamah oleh pembangunan aktifitas wisata. Di sana, anda akan menjumpai pulau-pulau kecil yang dilapisi oleh karang-karang. Selain terkenal akan keasrian alamanya, pantai Madasari ini juga memiliki ombak yang cocok untuk digunakan sebagai tempat berselancar. Ombak di pantai ini tergolong liar dan tidak beraturan, karena ombak yang dihasilkan di pantai ini, dihasilkan langsung oleh laut lepas, beda dengan pantai Batukaras yang memiliki pemecah gelombang alami berupa karang.

Di pantai Madasari ini, dulunya sempat dijadikan sebagai lokasi Rip Curl Gromsearch Seri 2 pada tanggal 19-20 maret Tahun 2016. Kegiatan kontes tersebut terselenggara atas persetujuan dari pihak Asian Surfing Championship dan bekerja sama dengan Batukaras Surf Club atau disingkat BSC, di mana pemenang pada kompetisi regional tersebut nantinya akan diundang pada kegiatan final tingkat nasional Indonesia. Ajang tersebut dijadikan sebagai sarana promosi pantai Madasari kepada masyarakat sebagai salah satu pantai yang memiliki potensi sebagai tempat wisata.Karena memiliki ombak yang sangat besar dan liar, tempat ini cocok bagi anda peselancar yang sudah mahir dalam berselancar. Bagi para pemula, sebaiknya anda didampingi oleh profesional jika ingin berselancar di sini.

Itulah tiga tempat yang menjadi favorit para peselancar atau lokasi surfing yang ada di kabupaten Pangandaran. Selain tiga lokasi tersebut masih terdapat beberapa tempat atau lokasi yang dapat dijadikan sebagai alternatif para surfer, jika di ketiga tempat tersebut keadaan ombaknya kurang bagus, seperti Pantai Batu Hiu dan pantai Bojong Salawe. Sekian artikel mengenai tempat-tempat atau lokasi pantai yang sering dipakai untuk berselancar yang ada di Kabupaten Pangandaran. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya