Lokasi Kedung Pedut, Air Terjun Dua Warna di Kulon Progo

Lokasi Kedung Pedut – Musim hujan telah tiba, itu artinya menjadi surga bagi para pemburu wisata alam di Jogja, khususnya para pecinta air terjun. Yups, Jogja memang tak hanya terkenal dengan wisata pantainya saja, ada banyak macam wisata alam yang masih alami seperti air terjun.

Tak hanya menyuguhkan air terjun Sri Gethuk, Jogja ternyata menyimpan puluhan air terjun indah lainnya yang tersebar di seluruh Kabupaten. Salah satunya adalah air terjun Kedung Pedut Girimulyo Kulon Progo. Air terjun ini menjadi yang terkenal setelah air terjun di Samigaluh.

Air Terjun Kedung Pedut

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut

Lokasi air terjun Kedung Pedut ini terletak di dusun Kembang Desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo Kulonprogo, atau sekitar 40 km dari pusat kota Jogja.

Rute Menuju Air Terjun Kedung Pedut

Rute ke air terjun Kedung Pedut dari kota Jogja yaitu mengambil jalur ke arah barat melalui jalan Godean lurus ke Barat sampai Demak Ijo lurus terus melewati Pasar Godean hingga ke perbatasan Kulon Progo melewati jembatan besar ke perempatan Nanggulan lalu Pasar Kenteng hingga Tanjakan menuju Pegunungan Menoreh sampai di pertigaan lalu ambil arah kanan atau arah ke Goa Kiskendo.

Kemudian melewati Pasar Jonggrangan dan Goa Kiskendo. Setelah itu ada pertigaan ambil kiri hingga ketemu Pertigaan Grojogan Muda lalu ambil kiri lagi. Setelah itu akan ada plang Air terjun Kembang Soka, namun bukan itu yang akan kita tuju masih lurus lalu ketemu pertigaan ambil kiri, dan di sana sudah banyak plang yang akan memandu para traveler menuju Air Terjun Kedung Pedut.

Setelah sampai di Dusun Kembang kita tidak bisa langsung menemukan Air terjunnya, karena kendaraan harus dititipkan di salah satu rumah penduduk (tempat parkir).

Kita harus menyusuri jalan setapak yang cukup licin dan menantang adrenalin.

Tapi jangan khawatir karena pemandangan alam sekitar yang masih sangat alami akan menemani sepanjang perjalanan. Jika lelah atau haus di perjalanan yang membutuhkan waktu 15 menit ini pengunjung juga tak perlu khawatir karena ada shelter peristirahan dan penjual makanan minuman.

Air Terjun Dua Warna
Keindahan air terjun Kedung Pedut ini memang tak perlu diragukan. Jika banyak beredar foto air terjun Kedung Pedut dengan warna air yang sangat cantik dengan warna hijau tosca atau biru, pasti banyak yang menduga itu merupakan full editan.

Namun jika Anda berkunjung ke tempat ini, pasti akan terkejut, karena memang air terjun Kedung Pedut ini memiliki warna air yang sangat cantik. Bahkan pada waktu waktu tertentu, air terjun ini memiliki dua warna yaitu putih jernih dan hijau tosca. Warna putih jernih berada pada kolam jatuhnya air, sedangka warna hijau tosca berada di kolam bagian bawah.

Warna hijau tosca diyakini berasal dari endapan tanah/bebatuan kapur. Tak heran jika banyak pengunjung yang senang mengabdikan foto di atas kolam tersebut.

Ketinggian air terjun Kedung Pedut ini sebeanrnya tak terlalu tinggi, hanya sekitar 15 meter, namun dengan bentuk tebing yang hampir 90 derajat membuat air terjun ini sangat indah. Selain nuansa alami dari air terjun, pengunjung juga bisa besantai atau berfoto ria dengan background air terjun yang dihiasi ornamen rajutan jembatan dan tempat duduk bambu. Sehingga nuansa alam benar benar terasa di sini.

Selain itu pengunjung juga bisa berenang di kolam bawah dan menikmati segarnya air. Fasilitas yang ada juga cukup lengkap mulai dari tempat sampah yang tersebar, kamar mandi, dan tempat sholat.

Air Terjun Kedung pedut ini merupakan salah satu wisata alam musiman, karena debit airnya saat musim kemarau tak terlalu banyak.

Perlu timing yang pas untuk berkunjung ke Air Terjun Kedung Pedut.

Tips dari kami adalah datanglah saat musim hujan namun jangan pas waktu hujan turun karena selain airnya keruh, medan yang dilalui juga sangat sulit.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Pedut

Untuk masuk ke area Air Terjun Kedung Pedut pengunjung dimintakan retribusi. Harga tiket air terjun Kedung Pedut adalah Rp. 3000 per orang. Untuk parkir sepeda motor Rp. 2.000 dan Mobil Rp. 5.000 sayangnya di wisata ini belum ada asuransi keselamatan pengunjung.