Manusia boleh berencana dengan perencanaan yang matang dan standar target yang kita punya dan pastinya sudah diagendakan. Apresiasi agar bisa lebih survive, move up di dalam pencapaian diri dan melalui tindakan untuk menggerakkannya. Kita semua boleh berencana, mengusahakan pencapaian-pencapaian yang mempunyai kualitas jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Hasil akhirnya, menyerahkan segalanya kepada Tuhan.

Karena Tuhan selalu menyertai usaha dan langkah kita lewat do'a-do'a yang kita panjatkan. Berapresiasi dengan ragam pola pikir yang pastinya sudah menjadi resolusi kita pada tiap pergantian tahun. Action apa yang kita lakukan agar kita bisa lebih survive tentunya. Dibarengi dengan kerja keras serta keyakinan diri dalam mencapai target.

Advertisement

Kita pasti bisa! Mengucap syukur atas berkat Tuhan untuk perihal kecil yang sudah terlampaui selama tahun 2018. Dan di setiap pergantian tahun, setiap dari kita tentu sudah mempunyai perencanaan yang lebih baik khususnya di dalam pencapaian diri, pengembangan diri, dan hubungan terbaik kita dengan Tuhan yang selalu memberkati. Bersyukur akan karunia dari Tuhan di setiap sepanjang tahun yang sudah kita lewati.

Ada banyak hikmah yang terselip dan terkandung di setiap perjalanan hidup ini. Mungkin sebagian dari kita ada yang sudah mengagendakan dan masuk di dalam daftar catatan kita hal-hal apa saja yang harus kita capai, apa yang sudah kita capai dan bagaimana cara kita bisa mencapai standar target yang belum tercapai.

Jika belum tercapai ditahun 2018 karna suatu kendala, semoga dengan perencanaan dan tindakan yang lebih matang dan yakin, kita bisa mencapainya di tahun depan. Aamiin insyaallah jika Tuhan berkehendak pasti akan selalu ada jalan untuk mencapai semua harapan. Kita juga harus lebih jeli dan cerdas didalam meneliti dan bertindak.

Advertisement

Misalkan, kamu yang mungkin berkeinginan untuk bisa self publishing. Harapan dan pencapaian terbesar sudah pasti ada terselip ujian yang menjadi kendalanya. Namun, dari sana kita belajar dan dituntut untuk bisa lebih belajar lagi, memilah lagi untuk catatan kita dit ahun depan. Agar tidak mengulang kesalahan yang serupa. Untuk kamu yang mempunyai niat, mempunyai harapan, mempunyai keinginan yang bisa menjadi berdaya guna dengan planning and action yang mempunyai kualitas lebih baik.

Untuk menerbitkan buku, kita bisa mulai mempersiapkan:

1) Hal pertama yang bisa kita lakukan, observasi. Menentukan tema apa yang akan kita bangun dan kita bentuk. Mencari bahan topik hangat yang bisa dijadikan referensi.

2) Setelah berhasil dikumpulkan, mulailah untuk mengolah datanya.

3) Segera menargetkan ke dalam notes deadline. Its important ! Agar tulisanmu bisa selesai tepat pada waktunya. Karenanya kita harus pandai didalam mengatur waktu. Agar apa yang sudah menjadi target utama tidak meleset dan molor waktu.

4) Mintalah rekomendasi kepada link-link yang dipunya.

5) Mencari, memilah informasi seputar publisher.

6) Mempersiapkan anggaran biaya dengan promo yang sekiranya diperlukan. Promo-promo yang terstruktur.

7) Setelah data tulisan final, ricek kembali bagian mana yang kurang agar bisa segera dilengkapi. Boleh juga sebagai pembaca, minta saran dan kritik dari teman atau yang lebih membangun didalam pengembangan karya bukumu nantinya.

8) Mulailah mengirimkan hasil karya tulisanmu ke publisher atau penerbit buku. Untuk bisa diterbitkan buku hasil karyamu dan disesuaikan dengan anggarannya. Kalkulasi berapa jumlah copy yang dibutuhkan di dalam promo untuk mencapai pasar target.

Demikian seputar resolusi di dalam menerbitkan buku yang semoga bisa menjadi daya guna dan pencapaian terbaik di tahun 2019. Semoga apa yang sudah direncanakan sesuai prosedur dan harapan dapat tercapai. We can do it!

Advertisement