Kenapa harus orang Jepang? Karena kita ketahui Jepang memang menjadi salah satu negara kiblat dalam hal kesuksesan bisnis industrinya. Bahwa untuk menjadi sukses kita butuh belajar dari orang atau negara yang lebih dulu sukses. Berbagai kebiasaan baik pada masyarakat Jepang wajib kita contoh, namun ada juga kebiasaan buruk masyarakat Jepang tapi jangan ditiru. Mau tau kebiasaan dan sifat baik orang Jepang yang wajib kita contoh itu? Yuk langsung aja


  • Rasa malu yang cukup tinggi

Advertisement

Bangsa Jepang mempunyai rasa malu yang cukup tinggi, hanya dengan bermodalkan rasa malu pada masyarakatnya, yang menimbulkan efek saling cinta diantara mereka, tak ada rasa saling mencurigai, kompak, dan malu jika melakukan hal-hal yang merugikan orang lain. Seperti halnya mereka malu jika nggak disiplin, nggak jujur apa lagi sampai korupsi, mereka juga akan malu jika melanggar peraturan.


  • Rajin membaca

Kenapa bangsa Jepang lebih sukses, karena masyarakatnya rajin membaca. Sampai menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membaca dibandingkan nonton televisi. Dalam perjalanan pun mereka gunakan waktu yang ada untuk membaca. Jadi, jangan bosen apalagi malas-malasan ya buat membaca.

Advertisement


  • Loyalitas yang tinggi

Ini yang kadang sulit dicapai dinegara-negara lain. Orang Jepang memiliki prinsip untuk menyelesaikan satu hal hingga berhasil. Orang Jepang sering lembur, kadang sampai membuat kita bertanya-tanya kenapa orang Jepang "demen" lembur.


  • Hidup hemat dan pinter mengatur keuangan

Jepang memang terkenal sebagai bangsa yang gemar menabung. Saat krisis finansial dunia, Jepang sama sekali nggak terpengaruh. Itu dikarenakan cadangan uang negara sangat besar. Selain gemar menabung, orang Jepang juga suka sekali berhemat, bukan hanya hemat uang, tapi juga hemat waktu dan tenaga. Jepang memiliki prinsip bahwa pemborosan dan menyia-nyiakan uang, waktu, dan tenaga adalah hal yang paling memalukan.


  • Jiwa pantang menyerah

Bangsa Jepang mempunyai prinsip hidup semangat dan pantang menyerah. Prinsip ini diterapkan sejak dini di sekolah-sekolah maupun di rumah. Sehingga menjadikan generasi-generasi muda Jepang menjadi kuat.


  • Rasa saling menghormati

Kebiasaan baik orang Jepang adalah saling menghormarmati orang lain. Ada yang berpendapat bahwa sikap menghargai dan menghormati itu dilakukan sebagai bentuk rasa syukur mereka.


  • Budaya antri

Antri memang sudah menjadi kebiasaan "disiplinnya" orang-orang Jepang. Jadi, ketika berada di Jepang, harus bisa menyesuaikan untuk membiasakan budaya antri, biar tidak melakukan hal-hal yang aneh dan memalukan.

Ini artikel yang memberikan sedikit tips agar bisa sukses ya. Jadi kembali lagi ke diri kita masing-masing, mau atau tidak nih meniru kebiasaan dan sifat baik orang atau negara yang udah pada sukses. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya