Pasti setiap orang memiliki kekhawatiran yang dapat dijelaskan secara logis dan ada juga yang tidak bisa dijelaskan, karena ada hal-hal yang sangat sulit untuk diungkapkan tentunya. Khawatir itu bisa datang secara tiba-tiba tanpa kita mengundangnya. Khawatir juga bisa juga membuat kita menjadi ceroboh dalam melakukan sesuatu dan bisa menjadi sebuah petaka tentunya.

Tapi teman-teman, khawatir itu sebenarnya tidak selalu bersifat negatif. Ada juga yang bersifat positif dan meng-upgrade diri kita lebih baik. Itu bisa terjadi apabila kita bisa menyikapi rasa khawatir kita secara tidak berlebihan.

Advertisement


Rasa takut tidaklah buruk, kau akan tahu apa kelemahanmu. Dengan begitu maka kau bisa menjadi kuat.


Contoh khawatir yang berdampak positif, seperti ketika minggu depan kamu mau mengikuti ujian sekolah atau pekerjaan dan kamu sebelumnya sudah mendapatkan nilai jelek. Tentu kamu tidak mau hal itu terulang kembali buat ujian ini. Sehingga datanglah suatu kekhawatiran dalam diri kamu dan pastinya kamu akan mencari cara bagaimana kamu bisa mendapatkan nilai yang baik buat ujian kamu minggu depan. Apa yang akan kamu lakukan? Pastinya kamu akan belajar dari teman kamu atau bisa juga kamu merangkum materi yang akan diujiankan minggu depan. Ketika kamu minggu depan mau ujian, kamu tidak khawatir lagi dengan hasilnya karena kamu sudah persiapkan dari jauh-jauh hari.

Sekarang kita akan membahas bagaimana cara melawan rasa khawatir yang ada didalam diri kita!

Advertisement

1. Tulislah beberapa hal yang membuat kamu cemas di selembar kerta dengan jujur. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi kadar kecemasan anda, karena dengan cara kita menulis sama dengan kita curhat atau mengeluarkan keluh kesah dan membuat beban-beban yang di dalam diri kamu menjadi sedikit berkurang.

2. Berolahragalah dan istirahat yang cukup. Karena dengan berolahraga dapat meningkatkan rasa positif dan percaya diri pada diri anda. Begitu juga dengan istirahat, istirahat yang cukup dapat mengurangi rasa lelah anda karena apabila terlalu lelah, rasa khawatir dan kecemasan anda akan meningkat.

3. Salah satu untuk melawan rasa khawatir adalah dengan cara bersyukur dengan apa yang dimiliki dan mendekatkan diri pada Tuhan. Perbanyaklah dengan kegiatan-kegiatan yang positif bersama dengan orang-orang di lingkungan sekitar anda.

Ingat teman-teman, apabila kamu masih khawatir dengan apa yang sedang kamu jalani, berarti kamu masih memegang kendali di dalam hidupmu. Tetapi jangan takut, serahkanlah kemudi hidupmu kepada Tuhan. Percayalah pada saat terburuk sekalipun yang melanda hidupmu, Tuhan tetap akan bersamamu dan sedang membentuk hidupmu untuk menjadi pribadi yang matang, luar biasa dan berhasil untuk di masa yang akan datang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya