Apa yang kita baca, itu yang akan menginspirasi tulisan kita. Apa yang kita baca, itu yang akan mempengaruhi perbuatan kita. Tak hanya melihat ataupun mendengar, membacapun memiliki efek yang sama. Bahkan mungkin lebih besar.

Tulisan-tulisan yang bertebaran, baik di dunia maya maupun hadir dalam bentuk fisik, selalu dapat mempengaruhi setiap pembacanya. Gaya kepenulisan yang apik, mampu meramu setiap rangkaian kalimat menjadi semacam mantra yang dapat menghipnotis setiap orang. Masuk ke dalam pikiran dan berakhir pada tindakan.

Advertisement

Pada akhirnya tulisan-tulisan tersebut tak hanya mempengaruhi dalam hal tindakan saja. Namun juga cara berpikir kita. Bagaimana sebuah tulisan mampu membentuk pola pikir seseorang. Membuatnya seolah tercerahkan karenanya. Seperti baru saja menemukan ilmu baru untuk kemudian dikembangkan kembali. Menjadi hal baru yang dapat memberikan perubahan dalam setiap sendi kehidupan.

Hanya dari tulisan, seseorang mampu menjadi sosok baru dengan beragam pemikirannya. Hanya melalui tulisan, media informasi yang dapat menjabarkan segala ide dan atau gagasan, mampu membuat seseorang untuk tergerak melakukan perubahan.

Tulisan yang unik dan menarik, menyimpan segala informasi yang dibutuhkan, dapat membuat siapapun enggan untuk menghentikan aktivitas membacanya.

Advertisement

Sehingga, budaya membaca menjadi sangat penting di suatu negara. Khususnya di Indonesia. Karena dengan membaca segala informasi dapat kita peroleh dengan cuma-cuma. Membaca bukan lagi aktivitas biasa. Sebab membaca tak hanya mempengaruhi skill dalam diri kita. Tapi juga pikiran dan tindakan kita.

Apapun bacaannya, tetap sediakan filter untuk menyaring segala jenis informasi yang masuk ke dalam otak kita. Jangan sampai informasi yang buruk ikut masuk dan bercampur dengan informasi yang sudah tentu kebenarannya. Jelas itu akan menimbulkan perang pemikiran dalam diri kita dan akhirnya membuat kita sulit untuk menentukan kemana arah tindakan kita.

Setiap bacaan memang belum tentu menyimpan ajakan. Tapi dalam setiap bacaan, terselip pesan yang harus diterjemahkan sendiri oleh pembacanya. Itulah nanti yang pada akhirnya memberikan efek besar dalam diri kita, baik pikiran maupun tindakan.

Karena bacaan yang sesederhana sekalipun dapat menjadi rumit ketika si pembaca tak mampu mengubah pesan tersebut ke dalam bentuk informasi. Bukan karena bahasanya yang berbelit-belit. Tapi karena si pembaca enggan untuk memahami setiap kalimat demi kalimat yang sudah dijabarkan dalam tulisan tersebut.

Apapun yang kita baca, tetap gunakan akal untuk mencernanya. Karena apa yang kita baca akan berpengaruh dalam hidup kita, baik secara pemikiran maupun tindakan. Atau dalam bentuk lain, seperti tulisan-tulisan yang kita buat nantinya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya