Kisah ini adalah cuplikan dari sejuta kisah sholehah yang bisa menginspirasi kita untuk selalu "Romantis" dalam mencari cinta karena Allah. Dalam sujud kita, seringkali kita berdoa atas rizki, keselamatan dunia akhirat dan jodoh…….., kesungguhan kita dalam menyampaikan doa kepadaNya….. ketawadlu'an kita dalam mengharap kasih sayangNya akan mengantarkan kita pada posisi yang ikhsan di mata Allah, insya Allah.

Adalah Habbib seorang pemuda yang selalu mendambakan seorang wanita sholehah sebagai isterinya. Habbib adalah seorang hafidz, dia pun seorang dokter lulusan Al-Azhar University di Cairo. Sekilas wajahnya tidak kalah tampannya dengan Ustadz Al Habsy (waduh….. ganteng juga ya….).

Setiap orangtua mengharapkan mempunyai menantu seperti Habbib, pendek kata Habbib adalah sosok ideal sebagai seorang suami. akan tetapi Habbib belum bisa menemukan sosok wanita yang dia inginkan.

sampailah pada suatu malam, orang tua Habbib mengatur pertemuan dengan sebuah keluarga yang memiliki anak gadis yang sempurna. sholehah, sederhana dan lembut tutur katanya. sebut saja namanya Hanifah. Keduanya lalu dipertemukan oleh keluarganya masing-masing.

di situ terjadi percakapan antara Habbib dan Hanifah.

Advertisement

Hanifah : "Assalamualaikum……., saya Hanifah al Athifa binti Munzakki"

Habbib : 'Wa'alaikumussalam warohmatullahi wa barokaatuh, saya Habbib shabiyya bin Abdurrahman"

Keduanya tidak berani beradu pandang dan saling menjaga hijab masing-masing, hingga pada satu ketika Habbib lah yang memecah kebuntuan perbincangan.

Habbib : "ya Hanifah, ada tiga pertanyaan yang saya akan ajukan kepada dirimu……., tolong jawab dengan jujur atas nama Allah!"

Hanifah : "Insya Allah…….., akan kujawab semampuku, Allah lah saksiku!"

Habbib : "1. Siapakah orang yang paling kau cintai sehingga tiada pengganti lain yang lebih kau cintai di dunia ini, selain dirinya………??"

Hanifah :" Setiap waktuku…… aku selalu menginginkan perjumpaan dengan Rasulku…… Muhammad Sallallahu 'Alaihi Wasallam, maaf………karena kecintaanku terhadap Allah dan Rasulnya sampai aku tidak bisa menempatkanmu pada posisi yang lebih tinggi lagi…….."

Habbib tertegun……, dengan mantap dan tegasnya Hanifah menjawab pertanyaan ini. Subhanallah!

Habbib :"2. karena aku yakin terhadap dirimu bahwa engkau pasti hafal salah satu ayat, maka tolong sebutkan satu ayat itu kemudian jelaskan kepadaku maknanya……??"

Hanifah :" a'uudzubillaahiminassyathoonirrojiim……, bismillahirrohmaanirrohiim…… . arrahmaan, "allamalqur'aan, kholaqol insaan, 'alamahul bayaan, asshyamsu walqomaru bikhusbaan, wannajmu wasshyajaru yasjudaan …………….., aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk, dengan nama Allah yang Maha Pemurah lagi Penyayang……. Tuhan Yang Maha Pemurah, yang telah mengajarkan alqur'an, dia menciptakan manusia, mengajarnya pandai berbicara, matahari dan bulan beredar menurut perhitungan, dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan semuanya tunduk kepada-Nya……………..

Habbib terkesima dengan ayat yang dibawakan….. itu adalah surah ar-rahman. Subhanallah!!

Habbib :"3. Mengapa aku harus menikahimu……..??!"

dengan wajah merona, Hanifah berusaha menjawab pertanyaan dengan tenang…….

Hanifah :" kamu tidak harus menikah denganku wahai saudaraku……., karena aku dan kamu masing masing sudah mengetahui kadar masing-masing, setiap yang diciptakan Tuhan adalah berpasangan sesuai kadarnya masing-masing. aku maupun dirimu sama sama dalam mencari Ridha Allah swt………."

Subhanallah…………., "inilah orang yang kelak akan kupilih sebagai isteriku…….."

Habbib :"apakah engkau Ridha jika aku meminangmu sebagai isteriku……..??"

Hanifah :"Ridha orang tuaku adalah Ridha Allah swt, juga Ridhaku….."

Subhanallah……!!

Dari kisah diatas, mudah-mudahan membawa arti tersendiri dalam hati kita masing-masing. semoga kelak kita semua dipertemukan dengan "Hanifah….. Hanifah" yang lain di kehidupan kita. aamiin ya Rabb……..

Q.S. Arrahman : 60 ; Hal jazaa ul ikhsaani illal ikhsaan "tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula)"

Q.S. Arrahman…… ; Fabiayyi aala i robbakuma tukadhzibaan "maka nikmat tuhanmu yang manakah yang kau dustakan…."

Semoga bermanfaat……