Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) pertama kali didirikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau yang lebih sering dikenal dengan WHO, diluncurkan pada tanggal 31 Mei 1989, agar masyarakat dunia mengetahui masalah yang akan terjadi jika menghisap rokok tembakau. Hari ini juga bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan dari merokok tersebut.

Dalam kurun beberapa tahun terakhir gerakan ini mendapat respon yang sangat baik dan bahkan mendapat dukungan dari aktivis kesehatan juga organisasi kesehatan masyarakat. 31 Mei 2017 kemarin Hari Tanpa Tembakau Sedunia diselenggarakan di Kawasan Kota Tua Jakarta, dengan tema yang diangkat adalah “Rokok Ancam Kita dan Pembangunan”. Hal ini dilatar belakangi oleh kekhawatiran akan meningkatnya perokok di wilayah Indonesia yang paling banyak di usia anak-anak dan remaja umur 15-19 tahun.

Advertisement

Ada cara untuk memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia, yaitu dengan cara berhenti menghisap rokok tembakau di tanggal ini. Meski bukan termasuk hal yang mudah namun menurut dokter keluarga, Sarah Jarvis, hal ini bukan berarti tidak bisa dilakukan oleh para perokok khususnya perokok aktif.

Dokter Sarah Jarvis Sendiri memberikan tips yang mungkin bisa dicoba oleh para perokok tembakau, antara lain :

1. Tuliskan Motivasi

Advertisement

Untuk berhenti merokok tentunya harus mempunyai motivasi, entah karena alasan kesehatan, keluarga atau urusan keuangan. Tuliskan motivasi tersebut ditempat yang sering anda lihat, missal di dompet, ditembok kamar. Setiap kali ada rasa ingin merokok bacalah motivasi tersebut untuk mengurangi keinginan merokok.

2. Minum air yang Banyak

Meminum air disaat tubuh dehidrasi akan mengurangi keparahan sakit kepala akibat berhenti merokok.

3. Makan Permen jika ada Hasrat ingin Merokok

Permen mempunyai zat pemanis yang membantu mengurangi asam di mulut akibat merokok, jika rasa merokok itu dating cepatlah anda mengambil permen untuk membantu mengurangi kadar asam dalam mulut

4. Buang cara lama untuk bersantai dan ganti dengan cara yang baru

Salah satu alasan orang merokok adalah membantu mereka menghilangkan stress atau bersantai. Jadi Anda harus menemukan cara baru untuk mengurangi stress. Cobalah untuk memijat diri sendiri, mandi air hangat, atau menghabiskan waktu bersosialisasi dengan teman dan keluarga untuk melepas lelah.

5. Simpan uang anda

Cobalah dan letakkan uang yang biasanya Anda habiskan untuk rokok ke tempat yang aman. Idealnya, Anda bisa menyimpan uang tersebut di dalam sebuah toples atau botol transparan. Setelah beberapa bulan tanpa merokok, lihatlah hasil tabungan uang anda yang sudah anda simpan untuk berhenti merokok

6. Olahraga

Aktivitas fisik telah terbukti mengurangi hasrat merokok, meningkatkan mood dan tingkat energi Anda.

Dengan adanya tips-tips tersebut diharapkan pengendalian terhadap dampak buruk merokok tembakau dapat berjalan signifikan sehingga penurunan persentase perokok di Indonesia dapat menurun.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya