Prestasi merupakan hasil akhir yang telah dicapai dengan penuh perjuangan yang besar pada setiap individu. Prestasi itu akan ada apabila adanya daya juang untuk mendapatkan sesuatu yang ingin kita capai dengan cara mempunyai usaha dengan bentuk bekerja dan berpikir, seperti membuat strategi dan lain-lain.

Setiap individu pasti akan berpikir bagaimana cara menemukan kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri masing-masing. Apabila kita sudah menemukannya, maka kita akan mengembangkannya dan mengasahnya lebih agar potensi tersebut tidak akan larut dan bisa hilang.

Advertisement


Jangan ada kata malas apabila ingin berprestasi, dan buanglah jauh-jauh pada diri anda. Ingat, bahwa tidak ada kata terlambat untuk melakukan sesuatu yang berguna dan bermanfaat dengan potensi yang anda miliki.


Di sini kita akan membahas tentang bagaimana cara meningkatkan prestasi diri. Selamat membaca!

1. Kenali diri sendiri. Dengan cara anda mengenal diri anda itu siapa, maka akan mengetahui kelebihan dan kekurangan anda sendiri. Jangan mendengar kata-kata orang lain., karena yang lebih mengetahui diri anda adalah anda sendiri.

Advertisement

2. Yakinlah pada diri anda. Kelebihan dan kekurangan yang anda miliki adalah warna pada diri anda. Dengan memiliki keyakinan dan kepercayaan yang sangat positif, maka mereka akan mempunyai semangat dan komitmen yang besar untuk berprestasi dan maju.

3. Orang berprestasi pasti tidak akan cukup dengan hal-hal yang biasa-biasa saja, tapi mereka akan dikelilingi dengan berbagai macam tantangan baru dan akan memiliki rasa penasaran yang tinggi untuk mencobanya dan menyelesaikannya.

4. Tidak akan malu dengan masalah yang telah dilakukan dan berani untuk belajar dari kesalahan yang ada. Karena banyak sekali orang yang menolak kesalahn yang dia lakukan, dan malah mencari kambing hitam dari masalah tersebut.

Seperti saya pada waktu itu pernah mendapatkan nilai C- di ujian tengah semester pada mata kuliah Kepabeanan dan Cukai. Di sana banyak sekali yang menyalahkan dosen yang terlalu pelit dalam memberikan nilai dan ada juga yang mengatakan bahwa soalnya sangat menjebak. Di situ, saya sangat sedih dan saya berpikir berulang-ulang, apa yang salah pada diri saya sehingga saya begitu ceroboh dalam mengerjakan soal. Dan ternyata ketika saya mengerjakan soal tersebut berulang-ulang, saya menemukan kesalahan pada kertas jawaban saya.

Jadi, ketika saya mengikuti ujian akhir mata kuliah tersebut, saya dapat mengerjakannya dengan baik dan hasil yang saya dapatkan adalah B+. Ini bukan berarti saya pamer, tapi saya ingin menyampaikan bahwa belajar dari kesalahan itu sangat baik, daripada mencari kambing hitam sendiri.

5. Jangan lupa berdoa, karena usaha disertai dengan doa lebih baik.


Tidak ada satu kesuksesan yang tidak pernah mengalami kegagalan, karena kegagalan adalah jembatan menuju sukses.


Inilah ringkasan yang menurut saya bagaimana cara meningkatkan prestasi diri. Selamat mencoba dan tetap terus semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya