“Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia,” Ir. Soekarno, Presiden pertama Indonesia yang dikenal dengan isi pidato yang mampu membakar dan menginspirasi semangat anak-anak muda. Beliau seorang proklamator yang sampai saat ini menjadi salah satu tokoh yang paling dikagumi di Indonesia. Kalimat Bung Karno atau sapaan akrab dari Ir. Soekarno ini, disampaikan dengan cara berapi-api yang mampu membakar dan menambah semangat bagi para pendengarnya. Dari kalimat tersebut mengingatkan kita bahwa masa depan bangsa dan negara Indonesia ini terletak ditangan generasi muda. Generasi muda inilah yang akan menjawab semua tantangan di masa depan dengan berbagai kerumitannya.

Tanggal 28 oktober 1928 adalah momentum yang tidak pernah atau tidak akan dilupakan oleh para pemuda Indonesia. Hari yang diperingati sebagai penanaman rasa semangat kepemudaan Indonesia bahwa mereka adalah generasi penerus cita-cita Indonesia dan harapan bangsa. Sumpah Pemuda itu sendiri adalah ikrar yang menjadi semangat untuk menegaskan cita-cita atau harapan dari berdirnya negara Indonesia. Sumpah Pemuda ialah sebuah keputusan dari kongres pemuda kedua yang dilaksanakan dua hari pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan dari kongres pemuda adalah menegaskan harapan akan ada tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia.

Advertisement

“Ditinjau dari dimensi waktu, semua yang ada pada lokasi sosial itu dapat dipandang sebagai generasi” menurut Prof. Dr. Sartono Kartadiharjo. Generasi muda sekarang menjadi bahan pembicaraan oleh semua kalangan masyarakat karena generasi muda adalah generasi penerus bangsa yang nantinya sebagai pemegang atau pentu nasib bangsa ini. Maka dari itu, generasi muda yang menentukan bagaimana ke depannya nasib bangsa dan mewujudkan cita-cita bangsa dan negara ini.

Saat ini dapat kita lihat, banyaknya kasus yang terjadi pada generasi muda seperti narkoba, kejahatan, pergaulan bebas, dan lain sebagainya. Peran dari mahasiswa dan pemuda sangat-sangat dibutuhkan untuk melanjutkan dan/atau mewujudkan cita-cita bangsa ini, yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan-pahlawan terdahulu. Masalah-masalah yang sudah ada bahkan yang akan datang, penting bagi masyarakat Indonesia terutama para pemuda dan mahasiswa untuk meningkatkan dan memperbaiki produktifitas kita sebagai bangsa Indonesia.

Semakin masuk ke dalam perkembangan zaman yang semakin modern, sebgian anak muda saat ini mulai terkikis nilai moral dan akhlaknya. Apalagi Indonesia sebentar lagi akan mendapatkan generasi muda yang sangat banyak dan pastinya diharapkan generasi yang produktif. Zaman yang semakin modern ini sehaarusnya generasi muda memliki moral dan akhlak yang lebih baik lagi. Dari sekarang mulai dipersiapkan pendidikan untuk generasi muda agar mereka mampu memiliki moral dan akhlak yang baik dan mempertahan identitas bangsa yang berbudi luhur. Betapa pentingnya generasi muda bagi suatu bangsa terlebih bangsa yang besar seperti Indonesia. Jika suatu bangsa memiliki generasi muda yang baik maka bangsa itu akan baik juga begitupun sebaliknya. Masa muda adalah masa-masa yang produktif di mana masih adanya semangat muda yang masih menggelora dan memiliki kreatifitas yang tinggi yang mampu menjadi tonggak dari sebuah bangsa.

Advertisement

Saya pikir generasi muda saat ini mampu mewujudkan harapan bangsa, jika diberikan dan/atau dipersiapkan tentang pendidikan moral dan akhlak yang baik dan benar untuk generasi muda. Jika diberi fasilitas yang cukup dan pendidik yang mumpuni, saya yakin generasi muda pasti menjadi orang-orang yang produktif untuk ke depannya. Faktor dari lingkungan juga sangat mempengaruhi para individu generasi muda, entah dari keluarga atau masyarakat. Lingkungan keluarga merupakan yang pertama dalam membentuk perilaku atau karakter dari seorang anak atau dengan kata lain sebagai pagar utama bagi anak. Sedangkan lingkungan masyarakat, menentukan bagaimana generasi ke depannya dari situasi yang terjadi. Apabila lingkungan masyarakat baik maka generasi muda ini pun turut menjadi baik, begitu pun sebaliknya.

Mungkin untuk saat ini sulit dalam melakukan persiapan untuk generasi muda. Tapi, bila kita lakukan demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia semua bisa terlaksana dan kita akhirnya berhasil mewujudkan harapan bangsa yang ada pada Sumpah Pemuda. 

 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya