Kamu sudah pasti sering mendengar atau membaca kalimat bijak seperti ini,


Kalau pengen merubah dunia, harus dimulai dari diri sendiri!


Advertisement

Ya, kalimat bijak tersebut selalu muncul dari orang lain saat kamu memiliki keinginan untuk bisa merubah dunia atau setidaknya merubah lingkungan sekitarmu saja.

Namun, kalimat bijak itu tak selalu tepat untuk digunakan dan dilontarkan pada setiap orang. Apalagi di zaman kekinian seperti saat ini. Kalimat tersebut seakan tak lagi pas untuk disandingkan dengan teknologi dan terhadap beberapa orang yang menginginkan perubahan.


Alasannya sederhana sih!


Advertisement

Di zaman yang kekinian ini, teknologi sudah merambah ke berbagai tempat, golongan dan status seseorang. Contoh kecil saja seperti smarthphone dengan aplikasi yang memudahkan manusia untuk mendapatkan ragam bacaan dan tayangan dari beragam sumber informasi yang tersedia. Belum lagi hadirnya media sosial yang ada saat ini, sudah banyak digunakan oleh manusia untuk berbagai keperluan.

Terlebih lagi, manusia sekarang yang mudah mengakses informasi dari beragam sumber, mudah terprovokasi dan terseret dalam sebuah opini. Sehingga membuat mereka dengan mudahnya bisa digerakkan oleh siapa saja yang menginginkannya.

Tentu saja, hal tersebut menjadi sebuah peluang besar untukmu yang menginginkan perubahan. Baik untukmu yang menginginkan perubahan yang berawal dari diri sendiri, bahkan buatmu yang menginginkan perubahan tapi tak bisa merubah dirimu sendiri.


Karena merubah dunia itu bisa saja dengan menggiring mereka dengan opini cerdasmu di dunia maya.


So, buatmu yang ingin merubah dunia tapi malas merubah diri sendiri. Tetap semangat saja ya !

Rubahlah dunia dengan menggiring pemikiran mereka dengan opini cerdasmu di dunia maya melalui ragam karya. Bisa berupa tulisan, video, atau apapun yang bisa kamu hadirkan untuk mereka baca, liat atau didengarkan. Sampaikan opinimu dengan kalimat-kalimat yang bisa diterima oleh nalar agar mereka bisa tenggelam dalam arus perubahan seperti yang kamu inginkan. Tapi perlu kamu ingat, perubahannya harus pada hal yang positif dan tidak melanggar norma agama ataupun aturan lainnya.


Berawal dari satu orang, menular ke orang lainnya sehingga menjadi sebuah gelombang yang begitu besar. Hingga pada akhirnya, perubahan yang kamu inginkan bisa terjadi sesuai dengan harapan.


Namun, cara ini tentu tidak sempurna. Ada kelemahan yang harus kamu atasi sendiri, yakni waktu. Proses merubah dunia itu tentu tak semudah membalikkan tangan dan tergantung pada keberuntunganmu juga. Butuh kesabaran, ekstra perjuangan dan kecerdasan untuk bisa merubah manusia melalui dunia maya dengan durasi waktu yang tak tentu kapan perubahan akan bisa terjadi. Bisa saja dalam tempo yang sesingkat-singkatnya atau justru butuh waktu yang lama.


Berusahalah, bersabarlah dan biarkan waktu yang akan menjawabnya.


Selamat berjuang !

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya