Disekitar kita ada begitu banya orang dengan sifat yang berbeda-beda, dan tentu kita sudah tak aneh lagi dengan sifat jutek beberapa orang yang kita kenal. Atau mungkin kamu yang punya sifat jutek? Tenang, setiap hal yang nampak buruk pasti ada sisi baiknya, dan tentu orang jutek juga tidak begitu buruk kok.

Orang jutek adalah sesorang yang selalu terlihat tidak menyenangkan, suka cemberut, sulit tersenyum dan sangat sensitif yang biasanya dikenal sering cepat marah. Orang yang bersifat jutek biasanya banyak kita dijumpai pada wanita. Mungkin ada beberapa peria juga, tetapi sangat jarang ditemui.

Sifat jutek merupakan sifat bawaan dari lahir yang sulit sekali untuk diubah. Namun sifat jutek juga biasanya disebabkan karena masa lalu atau kenangan pahit yang dialami seseorang, sehingga mempengaruhi perubahan sikapnya yang cepat marah.

Advertisement

Nah, orang jutek yang kita temui biasanya tidak memiliki banyak teman, karena dia sulit bercengkrama atau bergaul dengan banyak orang, apalagi dengan orang baru. Orang jutek hanya berteman dengan satu atau dua orang saja yang memang sudah dikenal lama olehnya. Namun, kebanyakan orang jutek itu punya sifat jujur loh, itu karena dia tipe yang tidak mudah percaya terhadap orang lain.

Orang jutek terkadang menjengkelkan, perkataannya sering kali membuat kepala mendidih. Orang jutek selalu identik pula dengan sifat galak dan sangat sensitif, ia selalu merasa risih. Salah bicara saja dapat membuatnya marah. Raut wajahnya dapat kita lihat, orang jutek selalu punya masalah dengan perasaannya yang sering terlihat cemberut. Dia juga merupakan tipe yang tidak begitu peduli dengan orang lain dan dengan apa yang terjadi di sekitarnya.

Dampak buruknya memiliki sifat jutek adalah kurangnya bersosialisasi yang dapat membuatnya keras kepala, sehingga susah dinasehati dan diajak berbicara. Tentu orang yang memiliki sifat jutek suka dipandang buruk oleh kebanyakan orang, karena dinilai sangat sombong.

Advertisement

Meski dianggap kurang bersahabat, namun orang jutek tidak seburuk yang kamu bayangkan ko. Mereka juga punya sisi bijak loh!

Orang jutek biasanya tidak begitu peduli dengan sekitarnya, kata lainnya mungkin 'sombong'. Tetapi justru dari situlah dia mampu membedakan mana yang harus ia perhatikan dan mana yang harus ia abaikan. Untuk perempuan pasti tahu mana peria yang pantas dan tidak pantas untuk diajak bicara. Pria yang punya niatan tidak baik pun akan berpikir dua kali ketika akan mendekatinya. Mereka itu bijak dalam memilih teman, apalgi dalam memilih pasangan hidup yang dianggapnya bukanlah main-main.

Dalam bersosialisasi pun dia itu termasuk bijak, entah di dunia maya atau pun di dunia nyata. Orang jutek itu kan tidak begitu peduli terhadap hal-hal yang menurutnya tidak penting, jadi hanya bersosialisasi dengan orang-orang yang memang punya kepetingan denganya. Tidak mengurusi urusan orang lain, dia paham bahwa itu hanya membuang-buang waktunya saja. Dia juga cuek terhadap perkataan buruk orang-orang disekitarnya, itu sangat bagus untuk dirinya.

Kehidupannya tidak terhambat hanya karena perkataan orang lain, tetap maju meski banyak orang yang tidak suka. Kebanyakan orang jutek itu adalah orang yang sangat jujur, karena dia pun tidak suka bahkan benci kepada pembohong.

Jadi jangan menilai sesuatu hal dari apa yang kamu lihat saja, karena setiap manusia pasti memiliki sisi baiknya. Mereka yang kamu anggap buruk, justru terkadang mereka jauh lebih baik.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya