Apakah kalian pernah berlibur ke Yogyakarta? Pasti yang kalian kunjungi hanyalah Malioboro, Tamansari, Titik 0 km, dan Alun-Alun. Kalian tau nggak Yogyakarta itu punya gurun pasir? Yaa bisa dibilang gurun pasirnya Yogyakarta. Memang wisata sejarah di Yogyakarta cukup menarik, tetapi apa salahnya mencoba tempat wisata yang sangat tidak biasa kalian kunjungi? Tentu gurun pasir ini menawarkan sensasi tersendiri dan berbeda dari tempat wisata yang lain.

Gumuk Pasir namanya. Gumuk Pasir terdapat di pesisir Pantai Parangtritis, Yogyakarta. Dari Pusat Kota Yogyakarta menuju ke Gumuk Pasir ini hanya perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam ( jika jalanan lancar ya ).  Gumuk Pasir Parangtritis yang terbentang di wilayah bagian selatan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi gumuk pasir yang paling terkenal di Indonesia salah satunya karena gumuk pasir yang ada di Yogyakarta ini memliki luas yang mencapai 400 hektar.

Advertisement

Untuk harga tiketnya sendiri terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan pemandangan yang disuguhkan, yaitu sekitar Rp 10.000-Rp 15.000. Dengan tiket yang murah, kita dapat menikmati pemandangan yang belum pernah kita lihat sebelumnya layaknya berada di negara-negara Timur Tengah atau Afrika Utara. Selain itu, di sana juga ada beberapa spot foto yang bagus untuk para Instagramers.

Selain menjadi tempat wisata, Gumuk Pasir juga menjadi tempat olahraga yang hanya terdapat di Gumuk Pasir Yogyakarta, yaitu sandboarding. Banyak orang yang ingin mencoba sandboarding ini. Jika kalian penasaran cukup merogoh kocek Rp 70.000 dan kalian bisa menyewa papan sandboarding serta mendapat pengajaran dari pemandu sandboarding yang ada.

Apalagi jika kalian sudah puas menikmati sensasi gurun pasir, kalian dapat menikmati angin sepoi – sepoi yang berasal dari Pantai Parangtritis. Kalian dapat mampir sejenak ke Pantai Parangtritis yang memang lokasinya berdekatan dengan Gumuk Pasir ini.

Advertisement

Gumuk Pasir ini juga pernah menjadi tempat pembuatan video klip salah satu artis terkenal Indonesia lho, yaitu Agnez Monica. Klip video tersebut antara lain "Godai Aku Lagi"  dan video dari grup band asal Yogyakarta, yaitu Letto.

Jadi, bagi kalian yang mengaku doyan travelling, tempat ini sangatlah di rekomendasikan. Apalagi kalian yang ingin merasakan sensasi gurun pasir ala-ala Timur Tengah atau Afrika Utara yang murah dan tentunya dekat. Dan kalian yang mengaku Instagramers, tempat ini sangat cocok untuk mewarnai feed instagram kalian!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya