#RemajaBicaraKespro-Orang Tua Terlalu Ikut Campur Masalah Pendidikan, Anak Perlu Angkat Bicara

Diskusi pendidikan dengan orang tua

Sebagai remaja yang akan menentukan pendidikan lanjutan, SoHip ngerasa nggak sih kalau terkadang orang tua tuh terlalu ngatur pendidikan kita?


"Ngapain masuk sekolah seni? Emang menjanjikan?"

"Masuk IPA aja, nanti kuliah kedokteran. Hidup kamu enak nanti."


Ya, kira-kira begitulah pembicaraan yang terjadi ketika kita memulai diskusi tentang pendidikan dengan orang tua. Kadang ngerasa sebel banget karena orang tua cenderung kolot dan cuma tahu jurusan yang itu-itu aja. Kedokteran, hukum, pendidikan guru, ya paling mentok ekonomi bisnis lah.

Di tahun 2021, jurusan pada pendidikan lanjutan udah banyak banget lho, SoHip! Dari bidang seni, politik, ekonomi, teknik, kedokteran, sampai keguruan sekarang ini banyak banget cabang ilmunya. Rasanya pengen bilang ke orang tua kalau kita udah nentuin dan punya pandangan tentang nanti kita mau jadi apa di masa depan.

Tapi dengan adanya jurusan-jurusan baru, orang tua sering bingung dan memilih 'jalan aman' bagi anaknya. Perdebatan-perdebatan tentang jurusan ini terkadang berujung pada argumen tak berujung antara kita dengan orang tua karena sama-sama ngototnya. Orang tua punya dalih ingin yang terbaik untuk anaknya dan kita punya dalih tahu apa yang kita inginkan dan nantinya akan kita jalani dengan senang hati.

SoHip pastinya nggak pengin dong kalau nantinya harus nurutin maunya orang tua dan berakhir nggak enjoy waktu jalanin masa pendidikan dan malah bilang, "Kayanya aku salah jurusan, deh!" Nah, untuk menghadapi hal-hal semacam itu, aku kasih nih beberapa tips buat meyakinkan orang tua yang mungkin bisa membantu kalian!

1. Pilih waktu yang tepat

Iya, kuncinya adalah memilih waktu yang tepat. Pastikan SoHip memilih waktu dimana orang tua tidak sedang melakukan pekerjaan, ketika mereka sedang bersantai misalnya. Kenapa kita harus memilih saat seperti itu? Gini deh, siapa sih yang suka diganggu kalau lagi ngerjain sesuatu? Belum apa-apa pasti udah panas suasana antara kalian dengan orang tua!

Setelah menemukan saat yang tepat, SoHip bisa nih mulai pelan-pelan ngomongin hal yang sebenarnya ingin SoHip bicarakan.

2. Bicarakan pelan-pelan

SoHip percaya ngga sih kalau orang tua akan lebih mudah paham kalau kita bicara pelan-pelan. Dalam artian nggak langsung bicara inti, ya basa-basi dulu baru jelasin jurusan apa yang kalian inginkan. Jangan lupa jaga nada bicara ya! Kalau kalian udah gregetan terus nggak sabar jelasin, wah bakalan emosi lagi nanti!

3. Jelaskan secara rinci

Orang tua memang terkadang nggak paham dengan perkembangan jurusan yang telah ada sekarang. Nah, biar orang tua makin paham dan kalian dapat persetujuan, pastikan kalian menjelaskan secara rinci. Jurusan apa yang kalian inginkan, kenapa kalian pengin masuk jurusan itu, apa yang akan dipelajari, gimana prospek kerjanya, dll. Semakin rinci penjelasan yang SoHip berikan, maka akan semakin paham dan semakin dekat dengan persetujuan dari orang tua.

4. Pastikan kalian paham dan yakin dengan jurusan yang kalian inginkan

Coba SoHip bayangin, kalian udah ngotot pengin masuk satu jurusan, tapi kalian sendiri nggak paham tentang jurusan itu. Lah, gimana SoHip mau bikin orang tua kalian paham kalau kalian sendiri nggak paham dan sama sekali nggak ngerti tentang jurusan itu?

Kunci dari meyakinkan orang tua adalah kalian sendiri udah yakin sama jurusan itu. Pastikan kalian punya tujuan dan tahu hal-hal yang berkaitan dengan jurusan itu. Jangan sampai SoHip pilih satu jurusan cuma gara-gara ikut temen atau mau satu jurusan sama gebetan ya, SoHip!

5. Jaga kepercayaan

Nah, yang terakhir adalah jaga kepercayaan. Percuma dong SoHip udah ngelakuin tips nomor satu sampai empat terus orang tua kalian udah setuju, ehhh tapi akhirnya waktu kalian masuk malah seenaknya sendiri. Kalau orang tua udah ngasih kepercayaan, jangan sampai dibuat kecewa ya, SoHip!

Nah, itu dia lima tips untuk meyakinkan orang tua mengenai pendidikan lanjutan pilihan kita. Jadi gimana SoHip, udah siap coba tipsnya?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Lahir dan besar di Surakarta, pada tahun ini Angel lulus SMA. Untuk mengisi waktu luangnya, Angel kerap kali menyibukkan diri dengan menulis, membaca, browsing, dan menghibur dirinya sendiri. Selain memiliki ketertarikan pada bidang kepenulisan, Angel juga tertarik dengan berbagai macam bidang, salah satunya seni peran. Pada masa sekolah menengah, Angel mengikuti ekstrakulikuler teater di sekolahnya. Tidak hanya menjadi anggota, Angel menjadi aktor dalam pentas produksi sekolahnya dan menjadi wakil ketua dalam ekstrakulikuler teater yang diikutinya.