"Beri aku 10 pemuda, akan ku guncang dunia!"


Mengenang pidato Presiden RI Pertama, Soekarno, saat pertama kali mendengar pidato Bung Karno ini, mungkin sempat bertanya-tanya apakah mungkin dan bagaimana caranya hanya dengan 10 pemuda bisa mengguncang dunia?

Advertisement

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi dalam amanatnya pada upacara Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 88 memberikan contoh tentang hal ini. Jika kita merenung dan merelfeksikan pidato Bung Karno, maka sejatinya jumlah besar saja tidaklah cukup untuk bisa membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju dan diperhintungkan di kancah dunia.

Indonesia juga memiliki anak-anak Potensial di bidang start up, ada Nadiem Makarim (CEO GOJEK), Achmad Zaky (CEO BUKALAPAK) dan ratusan CE Muda Indonesia dibidang Teknologi Informasi yang dipercaya oleh perusahaan multinasional tahun 2015, dilaporkan terdapat 62 start up Indonesia yang kebanjiran dana investasi hingga puluhan triliun rupiah.


Pemuda… pemuda… pemuda… ya pemuda…


Advertisement

Mengenal sosok pemuda berdarah Sunda, bernama Indra Aris Oktariawan, pemuda kelahiran Kota Mochi ini (Sukabumi) adalah salah satu dari banyak pemuda yang berprestasi dan sangat berpengaruh untuk kemajuan negeri Indonesia dikalangan pemuda. Pemuda ini sering dikenal dengan panggilan Indra atau Okta, pemuda yang sangat ramah, telaten, gampang bergaul dan sangat menyenangkan.

Indra adalah salah satu pencetus komunitas yang bergerak dibidang Kepemudaan, Pariwisata, Kebudayaan dan Pendidikan, bernama ASEAN PROFESSIONAL DEVELOPMENT yang beranggotakan 12 orang pemuda dan pemudi dari lintas disiplin ilmu. Komunitas ini berdiri atas dasar tanggung jawab moral untuk pemuda/i khususnya berada di kawasan Kota Sukabumi, untuk memberikan kontribusi dan wadah sebagai kreasi anak muda yang berprestasi di tingkat Nasional maupun Internasional.

Bagi Indra sebuah komunitas ini layak dibangun menimbang hal-hal yang positif mulai terkikis oleh banyaknya pergaulan bebas yang seliweran dikalangan anak muda atau pemuda saat ini. Dengan adanya komunitas ini diharapkan mampu memberikan edukasi profesionalisme dalam kreasi tentunya yang berkenaan dengan kompetisi ditingkat Nasional maupun Internasional, banyak hal yang dilakukan oleh komunitas ini.

Prestasi yang pernah diraih oleh Indra yakni berhasil menjadi wakil Indonesia untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Eropa (Geopark Ciletuh Sukabumi), wakil Indonesia Program Smart City di China, menjadi Wakil Provinsi Jawa Barat dalam Program Ekspedisi Nusantara Jaya helatan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

Melalui sosok pemuda seperti Indra, kamu sebagai anak muda bisa mengambil pelajaran moralitas. Mulai dari berani mengambil keputusan untuk mencetus sebuah komunitas hingga mewujudkan mimpi untuk menjadi salah satu orang yang diperhitungkan di kancah dunia melalui beberapa research yang pernah dilakukannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya