#RemajaBicaraKespro-Pengalaman Pertama Menstruasi Saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Pengalaman aku pertama kali menstruasi

Halo temen-temen! Aku mau sharing pengalaman aku menstruasi pertama kalinya. Waktu hari-hari pertama masuk SMP itu sih mama aku sering kali bahas menstruasi dan aku dengernya nggak serius-serius amat karena belum mengalamin. Cuman ya didengar aja gitu meskipun nggak ngerti sih hehehe.

Advertisement

Ingat banget waktu itu pertama kali aku menstruasi di pagi hari, kira-kira waktu SMP kelas 8. Waktu bangun tidur aku melihat kaca sebentar seperti biasanya. Ketika mau mandi, eh aku lihat ada darah! Kebetulan cuma ada aku dan mama yang perempuan di rumah. Langsung deh aku teriak-teriak manggil mama. Waktu itu sebenarnya aku nggak berpikiran aneh-aneh seperti penyakit atau semacamnya. Untungnya sih karena mama sebelumnya pernah bahas menstruasi buat perempuan.

"Ma, kesini sebentar dong," aku panggil mama. Baru ketika mama sudah datang ke kamarku, aku baru aku cerita. Soalnya malu banget dong kalau ceritanya waktu sekeluarga lagi sarapan.

Waktu mama sudah di kamar, aku tanya ke mama. "Ma, ini kok ada darah ya?"

Advertisement

Mama bilang, "Nah, itu berarti kamu udah menstruasi. Tanda kalau kamu sudah dewasa. Kamu punya tanggung jawab lebih atas apa yang kamu lakukan." Setelahnya aku diajari mama bagaimana memakai pembalut, Waktu pertama pakai rasanya agak aneh, tapi ya mungkin karena belum terbiasa hihihi.

Waktu itu yang aku pikirkan adalah, "Duh, siap nggak ya aku jadi orang dewasa? Harus belajar dan berbuat lebih baik lagi nih." Waktu itu aku emang sempat takut waktu mama bahas kalau sudah dewasa artinya aku harus 'menanggung dosa' sendiri. Tapi ya sudah , dijalani saja dengan gembira!

Untungnya sih, aku mengalami menstruasi pertama di rumah. Jadi aku nggak panik panik amat karena ada mama. Aku juga merasa beruntung punya mama yang sering bahas menstruasi. Jadinya aku tahu apa itu menstruasi dan bagaimana cara menghadapinya. Intinya edukasi dari orang tua itu penting banget!

Nah, itu cerita aku, Sobat Hipwee! Kalau cerita kamu, gimana?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE