Perawatan memang selalu menjadi ritual yang wajib dilakukan seorang perempuan dalam menjaga kesehatan maupun kecantikan kulitnya. Gaya hidup yang lebih menuntut seorang perempuan untuk selalu berusaha merawat kulit agar selalu sehat, cantik, dan bersinar. Karena tuntutan itu pula, banyak perempuan yang memilih merawat tubuhnya dengan pergi ke salon, spa, dan treatment yang sekarang lebih bervariasi.

Namun, sebelum mengenal tentang perawatan kecantikan di masa kini, perempuan Jawa zaman dahulu menggunakan cara-cara tradisional untuk merawat kecantikan kulitnya. Tentunya, sekarang pun kamu masih bisa menggunakan cara-cara tradisional ini untuk perawatan kulitmu girls. Yuk ketahui apa yang menjadi rahasia kecantikan perempuan Jawa yang paripurna ini!

Advertisement

Masker Beras

Beras sering digunakan perempuan Jawa sejak zaman dahulu untuk menghaluskan kulit wajah, yang digunakan sebagai masker atau bedak dingin. Beras merupakan bahan alami yang memiliki kandungan allantonin sebagai anti inflamasi. Kandungan vitamin B yang terdapat dalam beras juga dapat meregenerasi sel-sel wajah serta melawan proses penuaan kulit. Selain itu, tepung beras memiliki konsentrasi Para Aminobenzoic Acid  yang berkhasiat sebagai tabir surya yang tentu sangat baik untuk kulit. Kamu pun bisa membuat masker beras ini sendiri girls.

Cara penggunaan

Advertisement

ambil segenggam beras kemudian rendam beras dalam semalam. Setelah dirasa cukup lunak, tumbuk beras menjadi tepung. Campurkan air mawar dengan tepung beras hingga menjadi pasta, kamu bisa menambahkan madu agar wajah lebih lembab. Aplikasikan sebagai masker. Diamkan masker yang telah diaplikasikan ke wajah beberapa menit hingga kering. Terakhir bilas wajah dengan air hangat. Gunakan masker seminggu dua kali ya girls.

Lulur Rempah

Lulur merupakan salah satu rahasia kecantikan perempuan, lulur pun bukan hanya digunakan perempuan Jawa zaman dahulu saja, karena hingga sekarang banyak perempuan yang menggunakan lulur untuk perawatan kulit agar lebih sehat dan lembab. Bahkan lulur juga menjadi salah satu resep kecantikan putri keraton.

Banyaknya perempuan yang menggunakan lulur sebagai salah satu ritual kecantikannya, maka banyak pula produsen lulur yang membuat banyak variasi lulur di pasaran yang memudahkan konsumen lulur bisa memilih sesuai kebutuhan kulitnya. Namun, tak sedikit pula perempuan lebih memilih menggunakan lulur alami dengan cara meracik sendiri, salah satunya lulur rempah dari campuran tepung beras, kunyit, dan daun pandan.

Kunyit memiliki manfaat untuk mencerahkan wajah, melembabkan kulit, mengatasi penuaan dini dan juga dapat mengangkat sel kulit mati. Bukan hanya itu saja, kandungan kurkumin dalam kunyit  juga dapat menyembuhkan stretch mark.  

Cara penggunaan

Campurkan beras yang telah dihaluskan menjadi tepung dengan kunyit bubuk dan daun pandan sebagai aroma wangi. Selain daun pandan kamu bisa mencampurkan bunga mawar atau melati sebagai aroma. Campurkan bahan diatas dengan air mawar, aplikasikan ke seluruh tubuh. Lulur rempah yang telah dioleskan ke seluruh tubuh didiamkan beberapa menit hingga lulur sedikit mengering, selanjutnya gosok dengan lembut lulur yang setengah kering, terakhir bilas dengan air. Gunakan seminggu dua kali untuk mendapatkan manfaat dari lulur rempah ini.

Jamu Kunyit Asam

Jamu memang tak pernah lepas dari ritual kecantikan putri keraton,  tapi selain dari keraton, masyarakat biasa juga sudah banyak yang menggunakan jamu sebagai salah satu resep kecantikan dari dalam, juga menjadikan badan lebih sehat dan bugar. Salah satunya jamu kunyit asam. Kandungan dalam kunyit asam sangat bermanfaat pada tubuh, seperti meredakan nyeri haid, sebagai antioksidan, memiliki efek anti kanker, mencegah penyakit yang berhubungan dengan usia.

Cara penggunaan

Ambil beberapa ruas kunyit yang telah dicuci bersih, kemudian blender kunyit, campurkan dengan asam jawa dan gula merah sebagai rasa manis, dan campurkan sedikit garam. Kamu juga bisa menambahkan jahe untuk menghangatkan badan. Konsumsi jamu kunyit asam ini oleh dua hari sekali atau sehari sekali ya girls.

Itulah beberapa resep tradisional perempuan Jawa untuk kecantikan paripurna, kamu bisa mencobanya sendiri di rumah. Bahan-bahannya pun memiliki harga yang terjangkau dan banyak dijual di pasaran. Bila kamu rutin dan konsisten dalam penggunaannya, pastinya akan dapat kamu rasakan manfaatnya. Selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya