#RamadanSeruGetPlus-Masih Ada Cara Lain! Mudik atau Tidak Ramadan Ini, Tetap Jalani dengan Bersyukur

Memanfaatkan GetPlus bisa mengobati pertemuan yang tak bisa dilakukan secara langsung

Sampai tulisan ini terbit nyatanya pandemi tak kunjung enyah dari muka bumi ini. Sampai tulisan ini bisa SoHip baca, SoHip juga pasti telah mendengar berita bahwa ramadan tahun ini lagi-lagi diberlakukan larangan untuk mudik. Hati terasa menjerit, ingin pulang memberikan kabar langsung, ternyata terhalang aturan yang sedang berlangsung. Lebih-lebih jika pulang pun akan membahayakan keselamatan orang banyak di kampung halaman. Kira-kira, poin utama "ramadan dan lebaran tak bisa mudik" adalah tukar pendapat antar anggota rekan kerja yang merantau ke kota orang.

Advertisement

Ternyata bukan hanya yang tak bisa pulang yang mengeluh karena pengetatan pembatasan. Beberapa hari yang lalu, saat aku melakukan perjalanan antar kota naik kereta api, aku dibantu oleh seorang porter. Porter tersebut sudah menanti barang-barangku semenjak aku turun dari mobil. Ia bergegas menawariku mengangkat barangku. Sepanjang jalan menuju ke pintu masuk, ia menyapa teman-teman porter lainnya. Sumringah wajahnya mengetahui aku yang pukul 05.00 pagi itu menjadi pelanggan pertamanya.  

Setelah aku melewati pintu masuk dan menunggu kereta di ruang tunggu penumpang, porter yang juga kupersilakan duduk dengan berjarak tersebut, tiba-tiba berubah aur mukanya. Ia membuka percakapan dengan nada minor, sedih karena yang dibahas menyangkut penghidupannya. 


Saya gak ngerti mbak, kenapa ada pembatasan pas bulan ramadan sampai setelah lebaran. Terus terang saya kecewa dengan peraturan tersebut, rakyat kecil seperti saya dan teman-teman yang cuma bisa nerima ini malah dipersempit langkahnya buat cari rejeki. Lagipula, orang mudik juga kan tujuannya buat silaturahmi. 


Advertisement

Aku tak menjawab dan tak menghakimi pernyataan porter yang mengantarku sampai ke tempat dudukku di atas kereta. Di sisi lain aku takut Si Porter tersinggung jika aku memberikan opini yang menyetujui tindakan pembatasan ini yang bertujuan demi mencegah penularan covid-19 yang lebih luas sehingga dapat memperburuk keadaan kita dengan silaturahmi tanpa temu secara langsung.


Harusnya Mbak, saya panen besar kalau orang-orang mudik. Tapi sekarang kereta saja gak boleh beroperasi. Anak-istri saya yang biasanya saya berikan jatah belanja bulan ramadan, jadi gak bisa ngasih. Nelangsa sih, Mbak. Tapi ya sudah disyukuri saja. 


Advertisement

Ucapan di atas adalah ucapan terakhirnya ketika aku memberikan biaya atas jasa yang porter itu berikan kepadaku. Setelah menaruh barang-barangku dengan rapi di tempatnya, aku berterima kasih padanya. Di atas kursi 17D di gerbong 2 waktu itu, aku jadi merenung sepanjang jalan dari stasiun keberangkatan. Hal yang kupikirkan masih seputar tak boleh mudik dan ketidakberuntungan bagi orang-orang yang terdampak atas pelarangan mudik ramadan ini. 

Di tengah-tengah pencarian jawaban mengenai larangan mudik ramadan itu, aku memutuskan untuk scrolling instagram, membuka instagram story dan menemukan poster dari IG:hipweecommunity bahwasannya Hipwee dan GetPlus mengadakan lomba menulis. Kemudian karena aku sendiri juga tak tahu betul mengenai GetPlus, akhirnya aku kepo dengan follow IG: @getplusid, kemudian mengunduh aplikasi tersebut untuk mengetahui lebih lanjut cara aplikasi tersebut dapat digunakan. 

SoHip harus jadi lebih tahu juga nih, kalau GetPlus adalah sebuah aplikasi atau program yang bisa menghilangkan stres bagi kita yang suka belanja tapi bingung sekali karena belanja hanya menghabiskan uang. Lo, kok bisa? Iya, jadi GetPlus ini adalah program loyalitas koalisi dengan menukar transaksi belanja dengan mengumpulkan poin yang dapat ditukar dengan hadiah pada merchant yang beragam. Jadi intinya, SoHip bisa belanja, foto hasil transaksi kemudian dapat duit lagi tapi lewat poin, dan asyiknya bisa dapat hadiah.  

Ada yang lebih seru dari itu, sampai tanggal 1 Mei 2021 dengan penggunaan kode referral "GETPLUSHIPWEE", SoHip bisa mendapatkan benefit langsung sebesar 30.000 poin jika memasukkan kode tersebut pada saat registrasi akun GetPlus. Promonya hanya untuk 5.000 orang pertama SoHip! Jadi buruan kalau mau tambah untung dari belanja yang tidak menghabiskan duit tapi malah mendapatkan banyak benefit, ayo gabung jadi member GetPlus!

Setelah terlanjur larut di atas kereta dengan meregistrasikan diri di GetPlus, aku jadi sempat memikirkan porter yang mengeluh mengenai ramadan yang tidak bisa memberi belanja ramadan untuk dipakai lebaran ke istrinya. Seandainya aku telah tahu sebelum berada duduk dan kereta berangkat ke tujuanku mengenai GetPlus, aku pasti juga mengenalkan program yang membuat orang belanja tambah untung ini. Agak menyesal memang karena aku tak bisa bertemu lagi dengan porter itu, kemudian membahas lebih jauh mengenai keuntungan yang masih bisa digunakan selama pembatasan ini dengan menggunakan GetPlus. Dalam hati dan pikiranku bilang "tahu gitu, aku suruh porternya download Getplus". 

Nah, karena pun aku tak bisa mudik, masih pandemi, dan pembatasan di sana-sini mungkin aku akan mengirim bingkisan pada orang-orang yang tak bisa kukunjungi langsung. Pada saat itu, karena aku sudah tahu cara kerja dari GetPlus maka tak lupa akan aku lakukan arsip atas transaksi belanja yang aku lakukan agar bisa ditukar dengan poin-poin yang bisa ditukar dengan hadiah. Dengan begitu juga, masih ada kesempatan bersikap bijak terhadap kebijakan yang sedang berlangsung, tetap bisa berbagi di bulan suci ini, dan membuat orang-orang lain yang mendaftar GetPlus menjadi bahagia juga atas benefit yang diberikan. 

Jadi Sohip, jangan tunggu lama tanggal 1 Mei 2021 sudah di depan mata! Segera daftarkan diri kamu, dan ikut dapatkan benefit yang berlipat ganda dengan belanja lewat GetPlus!. Suatu pelajaran yang tak kalah penting dari perjalananku menggunakan kereta dan pertemuan dengan porter tersebut yakni "walau di zaman yang serba susah ini, segalanya harus tetap disyukuri". Bertemu dengan porter stasiun di bulan ramadan ini, juga jadi salah satu syukur yang besar bagiku sebab dipertemukan dengan orang-orang yang masih terus berjuang di tengah kesulitan-kesulitan yang ditempakan pada mereka, sekaligus membuatku merenung mengenai kehidupan yang tak selalu berada di tempat yang aman, nyaman, mudah, dan lancar.

Buat SoHip yang tak bisa mudik ramadan tahun ini, tetap semangat menjalankan ibadah di kota orang ya! Jangan lupa buat daftar dan menggunakan GetPlus buat redeem poin kalian, berbagi dengan orang-orang yang kalian sayang, kemudian dapatkan hadiahnya. Ssssttt… jangan lupa bersyukur juga sudah tahu benefit GetPlus dari membaca tulisanku ini. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka menulis, membaca, berkebun, dan beres-beres.

CLOSE