Maaf Jika Dulu Pernah Mengabaikan Rasa. Aku Hanya Terlambat Menyadari Cinta yang Tumbuh Setelah Dia Pergi

terlambat menyadari cinta setelah dia pergi

Setiap orang memiliki impian dan kriteria kekasih pujaannya masing-masing. Tapi tetap saja sesempurna apa pun lawan jenis kita, jika hati kita menolak, rasa cinta akan sulit untuk tumbuh.

Advertisement

Hati memang tidak bisa dipaksa. Tanpa kita inginkan cinta bisa hadir dan pergi kapan saja. Siap tidak siap kita tetap tak bisa menolaknya. Karena hati bukan mesin yang bisa kita kendalikan. Dan terkadang cinta malah bersembunyi di dasar hati, sehingga kita terlambat untuk menyadari kehadirannya.

Ketika ada seorang pria menyukaimu dengan tulus. Dia pria yang sangat baik nan perhatian. Dia mau melakukan apa pun yang kau minta. Saking pedulinya terhadap dirimu dia sampai lupa memperhatikan kesehatannya sendiri.

Malam hari yang sunyi nan gelap. Bulan tertutup awan hitam kemudian diiringi sang hujan. Deras menerpa wajah juga tubuhnya hingga ia basah kuyub. Dengan payung hitam milikinya, dia tetap saja datang untuk menjengukmu yang sedang terbaring sakit. Bahkan dia membawakan sup ayam hangat untukmu.

Advertisement

Tetapi sayangnya kamu tak memiliki perasaan sedikit pun terhadapnya. Melihatnya saja membuatmu ingin muntah karena perlakuan dia yang amat berlebihan bagimu. Kamu pun selalu bersikap sinis dengan tidak mendengarkan perkataanya. Sering kali kau mengabaikan dia, meninggalkannya pergi saat ia mencoba menyapa.

Tetapi dengan ketulusan hatinya, dia tetap bertahan selama bertahun-tahun untuk menunggumu. Berkali-kali kau mengganti laki-laki untuk menghiasi hidupmu, dan dia masih saja setia menanti. Dia tak peduli apa pun yang terjadi, tak peduli dengan apa kata orang lain, dan tak pernah peduli dengan ratusan kali penolakan yang ia terima. Meskipun ia sering sakit hati melihatmu bersama orang lain, dia tetap saja hadir di sampingmu kapan pun kau membutuhkannya.

Advertisement

Hingga suatu saat ada titik dimana dia mulai rapuh dan menyerah. Bukan karena dia tak sanggup lagi untuk menyayangimu. Tetapi dia hanya berpikir mungkin kau akan lebih bahagia tanpa kehadirannya.

Dia pergi meninggalkanmu hingga berhari-hari, berminggu-minggu, sampai berbulan-bulan lamanya. Dia tak pernah lagi menampakan dirinya di hadapanmu. Lambat laun akan ada rasa rindu yang muncul. Seiring waktu berjalan kau akan sadar bahwa kamu telah merasa kehilangan seseorang.


"Wahai cinta, kenapa engkau baru hadir ketika dia telah pergi? Kenapa baru sekarang engkau keluar dari persembunyianmu? Kenapa harus terlambat? Bisakah lebih cepat saja? Kini cinta dan runduku sungguh menyiksa diriku."


Ketika dia telah pergi dan tak pasti kapan akan kembali, rasa resah akibat rindu akan mulai menghantui hidupmu. Rasa cinta akan semakin menguat, namun yang tersisa hanyalah rasa sesal yang sama sekali tak dapat merubah keadaan.

Waktu tak akan mengasihanimu. Tidak akan ada yang paham tentang perasaanmu kecuali dirimu sendiri, Tuhan, dan dia. Tetapi sayangnya entah dimana dia saat ini, engkau tak mengetahuinya. Ada rasa marah dan kecewa, namun engkau sendiri sadar bahwa itu sangat pantas untuk membalas perlakuanmu terhadapnya.

Waktu tak dapat diputar kembali, yang bisa kau lakukan hanyalah memperbaiki diri untuk menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Intinya jangan terlalu sinis dan hargailah perjuangan orang lain. Ciptakanlah balasan atas keringat yang telah dia korbankan. Tak perlu menerimanya menjadi kekasihmu, percayalah dia hanya butuh untuk lebih dihargai.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka menulis cerita fiksi

Editor

une femme libre

CLOSE