Bissmillahirrahmanirrahiim…

Halo teman-teman. Tidak terasa Bulan Puasa sudah di depan mata, tentunya bagi kalian yang menjalankan ibadah puasa nanti sudah tidak sabar dengan menu berbuka puasa yang sangat kalian rindukan untuk dimakan saat berbuka nanti. Nah, untuk menambah menu berbuka nanti saya memiliki sebuah resep untuk teman-teman coba di rumah, simak yuk resepnya dengan baik!.

Advertisement

Resep Kebab Oncom Ala Urang Sunda Pisan Euy

Untuk membuat bahan kulit kebab, bahan yang dibutuhkan di antaranya : 250 gr Tepung terigu segitiga, 200 gr margarin, 1/2 sdt baking powder, dan 1 sdt garam.

Cara membuatnya yaitu:

Advertisement

Pertama, campurkan seluruh bahan adonan kulit kebab, jika sudah tercampur uleni hingga kalis.

Kedua, setelah itu ambil sedikit adonan bentuk bulat dan pipihkan adonan hingga membentuk bulat tipis melebar menggunakan Rolling Pin atau jika tidak memilikinya bisa juga menggunakan botol kaca.

Ketiga, lakukan proses kedua berulang kali hingga adonan habis.

Keempat, siapkan teflon panaskan di atas api lalu olesi dengan margarin secara merata, ambil adonan kulit kebab tadi lalu panggang hingga adonan kulit kebab berwarna sedikit kecoklatan dan lakukan hingga adonan habis setelah itu sisihkan.

Bahan isian dan pelengkap kebab , 250 gr Daging ayam fillet ( Cuci bersih), 200 gr Oncom mentah ( seduh dengan air panas sebentar, lalu tiriskan), 3 buah cabai rawit merah, 3 siung bawang putih, 1 ruas kencur, 2 lembar daun jeruk, garam, lada dan gula secukupnya, 1 sdm minyak goreng, saus sambal, selada bokor, daun kemangi, 1 buah tomat (Iris tipis), 1 buah mentimun ( Iris tipis).

Cara membuatnya yaitu:

Pertama, siapkan daging ayam fillet lalu marinasi dengan lada, garam,dan parutan bawang putih, marinasi kurang lebih 5-10 menit, setelah itu siapkan loyang yang diolesi margarin, simpan ayam di loyang lalu oven kurang lebih selama 25 menit, setelah matang iris tipis daging ayam tersebut.

Kedua, untuk membuat tumis oncomnya, haluskan cabai rawit, bawang putih, dan kencur, lalu panaskan wajan yang telah ditambahkan minyak goreng tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi hingga harum, untuk mendapatkan aroma yg lebih sedap tambahkan daun jeruk lalu masukkan ocomnya beri gula dan garam secukupnya aduk hingga merata, sisihkan.

Ketiga, siapkan kulit kebab tambahkan di permukaan atasnya selada bokor, daun kemangi, irisan tomat dan mentimun, tumisan oncom, irisan daging ayam, dan terakhir tambahkan saus sambal agar lebih bervariasi enaknya, jangan lupa gulung kebab atau bentuk kebab tersebut sesuai keinginan kalian.

Jika kalian ingin mengganti saus sambalnya dengan saus sambal khas tanah Sunda atau saus sambal khas Nusantara sangat bisa teman-teman, misalnya diganti dengan saus sambal tempoyak, saus sambal balado, atau saus sambal terasi. Berkreasilah sesuai keinginan kalian sekreatif mungkin ya teman-teman.

Resep tersebut merupakan resep makanan Fussion ( Resep perpaduan antara dua makanan yang berbeda dari dua negara) yang wajib kamu coba di rumah. Itulah resep yang saya rekomendasikan untuk teman-teman, gimana mau segera mencobanya untuk berbuka puasa atau untuk camilan di hari raya nanti? Semoga bermanfaat ya, terima kasih.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya