Jika kau merasa semesta serumit ini, maka aku, mereka juga merasakan hal yang sama seperti itu. Tak ada yang mulus dan duduk manis terlepas dari problema dunia ini. Terkadang kita merasa begitu lelah saat yang ditunggu-tunggu tak pernah datang, dan yang pamit katanya sebentar saja, namun hingga saat ini tak pulang-pulang juga.

Terkadang juga, apa yang kita inginkan, apa yang kita pertahankan, tak sebanding dengan perjuangan yang sudah kita taklukan, tak sebanding dengan doa-doa yang pernah kita teteskan bersama air mata harapan ketika itu.

Advertisement

Berjuta kecewa yang tersemat dalam hati, kita sering dilanda amarah untuk menyerah saja, untuk tidak berusaha lagi, karena perasaan takut untuk mencoba telah bersemayam dalam jiwa hingga membuat raga engan untuk bergerak lagi.

Jangan kawan! Jangan lakukan hal yang bodoh seperti itu. Ingatlah, jika saat ini dunia tidak berpihak kepadamu, dunia sedang menyudutkanmu, sedang menertawakanmu, sedang mencaci maki dirimu, dan sedang mencemoohkanmu, ingatlah!

Masih ada Tuhan yang selalu tersenyum melihatmu terus berjuang tanpa henti, tanpa lelah dan tanpa berhenti untuk bersyukur dan berdoa kepada-Nya, dan teruslah seperti itu dalam kesebaaran, karena kau akan mendapatkan hadiah-Nya darinya semua yang kau rasa saat ini itu kelak nanti.

Advertisement

Jangan terlalu pusing dan galau. Duduklah sebentar disini, tarik nafas dalam-dalam, dan pejamkan mata sejenak. Mungkin kita ini terlalu banyak mengambil tugas dari Tuhan, sehingga kita tidak mampu untuk menyelesaikannya.

Kita mungkin terlalu mencaci maki satu kegagalan, hingga melupakan jutaan keberhasilan yang telah kita raih. Kita terlalu sibuk memikirkan masa depan hingga mengabaikan masa yang sekarang yang tanpa kita sadari begitu ingin orang lain memilikinya, hanya saja kau lupa untuk mengsyukurinya.

Ingatlah sobat, kita hidup di dunia ini bukan melulu tentang gelak tawa dalam bahagia. Melainkan juga seni tetesan air mata. Bukan tentang apa saja yang kau inginkan harus ada, tapi tentang bagaimana kau berusaha memantaskan untuk mendapatkannya.

Jika jalan hidupmu terasa asing di dunia ini, Mungkin kau perlu menyadari jika selama ini Allah SWT mengajakmu bicara dan bercanda, hanya saja kau terlalu pelit untuk meluangkan waktumu untuk menghadap-NYA, dan kau merasa baik-baik saja tanpa-Nya. Acuh hingga tak pernah peka dengan cobaan dan rintangan yang diberikan-Nya.

Hidup dengan keyakinan penuh atas hadir-nya itu baik untuk hatimu, Itu baik untuk hidupmu. Pernahkah kita menghitung berapa banyak nikmat dan pemberian-Nya yang sudah menggunung dibandingkan hanya seberapa harapan saja yang masih Allah SWT gantungkan?

Jadi, ingatlah sobat! Semua akan indah pada masanya, bukankah tawa akan datang masa tangisnya, datang akan tiba masa perginya dan kesedihan? Akan tiba masa bahagianya. Bukankah semua itu sudah kau ketahui? Lalu, kenapa kau masih saja ragu untuk melangkah dalam hidup ini?

Tetap semangat kawan, walaupun saat ini masih atau sedang berada dalam keadaan yang seolah hidup sudah tiada, maka tetaplah bersyukurlah untuk nafas yang saat ini masih Allah SWT berikan. Jika saja Allah SWT menghentikan nafas kita, maka tertutuplah semua. Tak ada lagi harapan yang dapat kau raih seperti yang kau inginkan saat ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya