Vlog atau video-blog belakangan ini sedang mendunia. Kehadirannya disambut begitu meriah oleh seluruh manusia, terutama bagi kaum pemuda. Melihat perekmbangan jaman serta teknologi, vlog memang menjadi salah satu alternatif kreatif untuk berkarya. Selain Denny Sumargo dengan Travel-Vlognya, ada berbagai vloggers Indonesia dengan beragam konsep yang diangkatnya pula. Sebut saja Raditya Dika, Bayu Skak, Arief Muhammad, Kaesang bahkan presiden kita Joko Widodo turut meramaikan dunia social media melalui vlog pribadinya.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang Travel-Vlog? Apa itu Travel-Vlog? Travel-vlog merupakan video-video dokumentasi yang berisikan tentang kegiatan travelling. Seperti yang dilakukan oleh pembawa acara My Trip My Adventure, Denny Sumargo. Pria yang akrab dipanggil Densu ini kerap membuat vlog yang sukses membuat para viewers merasa iri. Melalui akun youtube nya, ia membagikan keseruan berwisatanya.

Advertisement

Densu termasuk salah satu vloggers baru. Sekitar dua atau tiga bulan yang lalu ia baru memulai keisengan untuk membuat vlog. Awalnya ia hanya melihat video karya orang lain. Kemudian dia memiliki keinginan untuk membuat sendiri bahkan keisengannya tersebut masih berlanjut sampai sekarang.

Travel-Vlog yang diunggah Densu terlihat begitu menarik. Ia lebih memilih untuk melewati proses penyuntingan dengan memotong beberapa bagian dari video. Kemudian disatukan sesuai keinginan dan ditambah dengan berbagai efek ataupun backsound.

Memang tidak mudah untuk mengedit video seperti itu. Butuh kesabaran dan keuletan. Pria berusia 35 tahun ini mengaku bahwa ia juga menemui berbagai kendala saat membuat travel-vlognya.

Advertisement

“Banyak kendalanya. Harus mengambil gambar sendiri, sementara itu saya juga harus bertanggung jawab sebagai host MTMA. Kadang kecapean, hilang fokus dan sering terjadi mood berantakan” ungkapnya.

Harus diakui, dibalik kendala-kendala yang diungkapkannya ternyata menghasilkan sesuatu yang memuaskan.Viewers membludak, beragam pujian terlontar dari netizen. Namun sebenarnya Ia tak begitu menghiraukan soal viewers. Semua itu hanya bonus. Karena ia membuat travel-vlog tersebut adalah untuk berkarya. Dan selama gambar atau videonya berkualitas bagus, maka ia akan tetap merasa senang. Sementara itu, terlepas dari itu, ia membuat travel-vlog dengan berbagai macam kamera pula. Kamera handphone hingga drone. Namun, ia lebih sering memakai kamera action karena lebih praktis.

Konsep travel-vlog yang diusung oleh Densu ini patut diacungi jempol. Sebab dengan begitu ia juga memperkenalkan kepada dunia bagaimana keindahan kota-kota wisata yang ada di Indonesia. Kita bisa membayangkan bagaimana membanggakannya jika para generasi muda mencontoh apa yang dilakukan oleh Denny Sumargo ini. Produktif dengan berbagai hal positif.

“Kalau bisa buat sesuatu yang bermanfaat buat orang lain, jangan hanya bermanfaat untuk diri sendiri,” pesannya kepada para pemuda Indonesia.

Kota-kota yang pernah di pamerkan oleh Densu yaitu Pulau Fak-Fak, Pulau Buru Selatan dan Kebumen.

Advertisement