Berkemah jadi salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk liburan. Apalagi kalau dilakukan di pinggir pantai. Pantai Lampon, di Jateng bisa jadi pilihannya. Dari sekian banyak pantai di pesisir selatan Jawa, yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Kabupaten Kebumen memiliki beberapa pantai indah yang sering didatangi oleh wisatawan. Salah satunya Pantai Lampon, pantai ini masih terbilang sepi dan tak banyak pengunjung yang datang.

Pantai Lampon berada di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai tersembunyi yang tertutup oleh perbukitan kars, pantai ini berdekatan dengan pantai lainnya, seperti Pantai Ayah atau Pantai Logending, Pandai Suwuk, Pantai Suruh Manis, dan lain-lain. Bentuknya berupa sebuah teluk sempit yang berada di selatan sebuah perbukitan Kawasan Karst Gombong Selatan (KGGS), di mana kita dapat melihat langsung aktivitas nelayan di sekitar pantai. Suasana yang sunyi dan asri akan membuat kamu sedang berada di pantai milik pribadi.

Advertisement

Tak hanya menawarkan keindahannya, pantai ini juga memiliki fasilitas seperti gardu pandang untuk wisatawan yang gemar berpoto ria,saung untuk sekedar duduk sambil memandang keindahan laut, tempat parkir, mushola dan warung makan.

Karena tidak adanya penginapan dikawasan ini, berkemah dapat menjadi alternative penggantinya, terdapat area camp di perbukitan berundak di sekitar pantai yang kelilingi pepohonan hijau. Tempat ini dapat menjadi pilihan menghabiskan waktu di akhir pekan, para pelancong dapat memilih sendiri tempat untuk mendirikan tenda di sekitaran bukit yang berundak. Para pelancong hanya perlu memilih spot yang disukai, lalu dengan membayar biaya untuk berkemah, kalian sudah bisa mendirikan tenda.

Tak hanya wisatawan di sekitaran Kebumen, wisatawan dari Jakarta dan kota lainnya banyak yang datang untuk merasakan suasana kemping sambil mendengarkan deburan ombak dan pesona sunset dan sunrise dari laut lepas.

Advertisement

Masyarakat sekitar mulai mengelola Pantai Lampon. Sehingga pihak pengelola mulai memberlakukan harga tiket masuk Rp 5.000, parkir kendaraan roda dua Rp 2.000 dan parkir kendaraan roda empat Rp 4.000. Bila anda cukup beruntung, Anda dapat melihat keindahan bulan purnama dan bintang yang terang, sambil ditemani deburan ombak dan sepoinya angin.

Ayo! Isi liburan akhir pekan dengan mengunjungi Pantai Lampon.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya