안녕사세요😄, Sampurasun! Hehe..

Sekarang aku mau berbagi singkat cerita tentang liburan seusai hari Raya Idul Fitri di Pangalengan Jawa Barat, biar nggak terus basa basi langsung aja yuk!

Advertisement

Dua hari setelah hari Raya Idul Fitri nggak afdol rasanya kalo nggak liburan, liburan memang menjadi rutinan bagi setiap orang untuk mengisi waktu libur panjang seusai Lebaran.

Setiap tahunnya aku dan keluarga selalu berkunjung ke Pangalengan, biasanya untuk menuju ke sana memakan waktu kurang lebih 2 jam lamanya jika memakai sepeda motor, kalau memakai kendaraan roda empat bisa lebih dari 3 jam lho biasa macet sudah menjadi langganan hehe.

Desa Cikembang menjadi tempat tujuan untuk berlibur, tidak untuk berlibur saja tetapi untuk bersilaturahmi juga dengan keluarga dari kakek. Di sana suasananya sejuk sekali udaranya, selain itu banyak warga-warga di sana yang mengelilingi sekitar rumahnya dengan perkebunan yang hijaunya memanjakan mata kita.

Advertisement

Untuk tempat wisata aku merekomendasikan Situ Cisanti yang tidak jauh dari Desa Cikembang, Situ Cisanti sekarang merupakan 0 Km Citarum atau kepala dari Sungai Citarum, banyak sekali orang yang berkunjung ke sana selain karna tiket masuk ke sana murah hanya Rp 10.000 dan untuk parkir kendaraan sekitar Rp 2.000 – 5.000, setelah masuk ke dalam kita langsung dihadapkan dengan pemandangan Situ yang indah, di sana tersedia spot-spot foto yang Instagramable banget lho. Pengelola Situ pun menyediakan tempat pemandian khusus, untuk ke tempat pemandian tersebut kita harus izin dulu ke kuncennya.

Selain itu, di Pangalengan terdapat benteng dan rumah peninggalan penjajahan belanda yang sekarang dipakai untuk budidaya kebun kopi, memang kesan seram masih menyelimuti tempat tersebut, tapi jangan khawatir selagi masih mengunjungi tempat tersebut di siang hari hehe.

Rekomendasi tempat lagi untuk kalian yang kepo banget " Rumah Angker " yang terletak di daerah Malabar, Pangalengan. Tahu dong rumah angker itu tempat syutung film Horor yang serem banget, yap " Pengabdi Setan ". Dengar-dengar sih rumah tersebut sudah sedikit direnovasi tapi tetep aja serem.

Untuk oleh-oleh khas Pangalengan itu Permen Karamel Susu yang enak banget, selain itu ada buah strawberry, susu murni dari KPBS Pangalengan, tentunya sayuran segar dari kebun termasuk oleh-oleh khas Pangalengan juga ya. Sekian singkat cerita liburanku di Pangalengan, semoga bisa jadi gambaran untuk kalian yang bingung mau liburan kemana. Sekian dan terima kasih readers.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya