Kamu masih single, pasti banyak sekali yang bertanya "kapan nikah?". Risih sih sebenarnya, banyak pertanyaan yang kadang kita sendiripun nggak bisa jawabnya. Apalagi kalau umur kalian sudah matang buat menikah, itu bakal jadi "momok" buat kita, iya kan? Kebanyakan orang memilih menikah diusia 20-an atau 30-an semua itu kembali ke diri kita masing-masing deh. Nikah muda atau tua itu pilihan, disini saya akan berbagi beberapa faktor mengenai sudah berumur namun belum menikah. Semoga saja terjawab kenapa anda sampai saat ini belum menikah.


  • Anda mungkin memiliki masalah untuk mempercayai orang lain

Advertisement

Banyak orang yang mengalami hilang kepercayaan setelah hubungan sebelumnya dimana Anda sudah mempercayai pasangan Anda, tetapi pasangan Anda malah menyakiti Anda dengan cara mempermainkan kepercayaan yang sudah Anda berikan. Karena pengalaman tersebut membuat anda malas atau enggan menjalin hubungan lagi, karena secara emosional Anda tidak bisa mempercayai pasangan Anda lagi, istilah lainnya bisa dibilang trauma.


  • Anda belum mengenal diri sendiri

Ada yang mengatakan bahwa seseorang berubah sesuai dengan bertambahnya usia. Tapi ketika Anda berada diusia 20 tahun, dan Anda belum bisa mengenali diri Anda sendiri sudah dipastikan Anda belum siap untuk menikah. Bagaimana tidak, diri sendiri saja belum bisa mengenalI bagaimana nanti Anda akan mengenal seluk-beluk pasangan Anda sendiri.

Advertisement


  • Secara finansial belum stabil

Nggak munafik, keuangan adalah hal yang sangat penting dalam pernikahan, selain perasaan dan cinta terhadap pasangan. Untuk memenuhi kebutuhan dasar pribadi Anda sendiri saja belum mampu, jelas Anda belum siap untuk mendukung Anda dan keluarga Anda ke masa depan secara finansial.


  • Sulit buat Anda untuk berpacaran

Tidak semua orang menganggap bahwa berpacaran itu adalah persoalan yang mudah, ada beberapa orang yang masih malu dan takut. Pacaran itu butuh usaha, agar tetap terlihat baik dan memberikan kesan yang baik dihadapan pasangan. Jika Anda merasa demikian sudah dipastikan bahwa Anda mengalami isu tentang kepercayaan diri, tapi jangan khawatir hal ini bisa dihilangkan seiring dengan berjalannya waktu.


  • Tidak terlalu memikirkan soal pernikahan

Ketika Anda memikirkan bahwa memiliki pasangan hidup itu sangat menakutkan, maka ini akan menjadi tanda bahwa kamu akan menunda pernikahan kamu sampai kamu bisa menghilangkan rasa takut itu. Cukup tenangkan diri Anda dan sisihkan sedikit waktu Anda untuk merenung apakah hidup Anda akan lebih baik setelah menikah atau Anda masih nyaman dengan kesendirian anda.


  • Masih banyak yang harus Anda eksplorasi

Masih banyak keinginan yang Anda wujudkan sebelum menikah, entah karir, orang tua, atau hal yang lainnya, yang kadang membuat Anda lupa diri untuk memikirkan pernikahan. Anda beranggapan tidak ada yang lebih kuat dari kebebasan yang Anda miliki.

Diluar kesibukan dan segala cita-cita kamu atau rasa trauma kamu, jangan sampai berkelanjutan hingga tak sadarkan diri bahwa usiamu sudah cukup tua dan terlewat untuk menikah. Jadi sesibuk apapun kamu dan seberapa banyak cita-cita kamu, masalah pernikahan juga harus tetep dipikirkan. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya