Gili yang nanggu merupakan salah satu gili yang banyak di kunjungi oleh wisatawan baik itu dalam dan luar negeri. Gili nanggu terletak di desa Sekotong Barat Kecamatan Sekotong kabupaten Lombok barat. Di dekat Gili nanggu ada juga terdapat 3 Gili lain yg tak kalah indahnya, yaitu Gili Sudak, Kedis dan Gii Tanggkong. Gili nanggu yang sangat baik menjadi pilihan destinasi wisata jika datang ke Pulau Lombok. Untuk akses menuju ke Gili nanggu ada beberapa alternative perjalaanan yang bisa di pilih. Hamparan pasir putih yang begitu lebut dan indah dengan gugusan terumbu karang serta beragam jenis ikan yang sangat jinak dan indah dapat kita temukan saat melakukan aktifitas senorkling. Arus laut yang tenang dan hamparan warna laut yang biru toska membuat mata enggan berkedip. Tak cukup sampai disana disisi lain pada belakang Gili Nanggu terdapat pepohonan yang membentuk payung teduh berbaris, sangat asik untuk mengambil poto dengan latar pepohan teduh tersebut.

Aksesn menuju Gili Nanggnu yang pertama adalah dari pelabuhan Lembar, sebenarnya di Pelabuhan Lembar yang terutama dari pelabuhan barat Lembar tersedia para nelayan yang bersedia langsung mengantar anda menuju Gili Nanggu. Jika anda datang dari Pulau Bali menggunakan kapal ferry dan setelah turun dari Kapal Ferry naiklah Cidomo (sejenis Andong) mintalah di antar ke pelabuhan barat Lembar dengan biaya bisa nego sendiri, disana banyak nelayan yang mondar mandir membawa angkutan menuju ke Dusun keramat sebuah pulau kecil dibarat Pelabuhan lembar yang di huni beberapa penduduk.

Advertisement

Kita harus membooking perahu bermesin sederhana tersebut dengan tariff kisaran 350.000 maximal di isi 6-8 orang. Lamanya perjalanan menuju Gili Nanggu sekitar 1 jam perjalanan laut tidak terlalu membosankan dengan view gili-gili lain yang kita pandang sepanjang perjalanan seperti Gili Sudak,dan Gili tangkong dan gili lainnya.

Dan Akses Kedua menuju ke Gili Nanggu adalah dari start dari pelabuhan lembar atau dari pasar gerung ( jika anda dari kota mataram ) kemudian naik angkutan umum menuju ke Dusun Tawun, Desa Sekotong Barat yang merupakan Penyebrangan Umum menuju Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Sudak dan Gili Kedis. Sebelum sampai ke Pelabuhan Tawun kira-kira 300 meter, kita juga menemukan Penyebrangan lainya yang dikenal dengan Penyebrangan Batu Kijuk. Tariff penyebrangan kedua tempat ini relative sama. Pada hari sepi senin-jumat tariff menyebrang ke Gili Nanggu biasanya 300.000 untuk 6 orang, jika menambah anggota menyebrang kita membayar sebesar 50.000 perorang, perahu itu maximal di isi 8 orang tidak termasuk sopir dan anak buahnya.

Tariff satu boat bisa untuk 8 orang berkisar 250.000 – 350.000 Lama perjalanan darat dari Lembar menuju Pelabuhan tawun maupun Batu kijuk menuju Gili Nanggu sekitar 40 menit. Sementara waktu untuk mencapai Gili Nanggu dari Tawun atau Batu Kijuk kurang lebih 20 menit. Di perahu tidak tersedia pelampung, kita harus menyewa pelampung tersebut, per-pelampung 15.000 – 25.000

Advertisement

Penyewaan alat snorkel terpisah, untuk mask-snorkel aja dikenakan biaya sewa 15.000 dipakai sampai puas, Pin-kaki katak 15.000, dan pelampung 15.000.

Untuk kantong backpacker harga tersebut mungkin cukup mahal, sebenarnya ada alternative lain dgn biaya yang lebih murah, menyebrang dari Dusun Medang, daerah Goa Loang Landak, penyebrangan ini bukan penyebrangan umum, tetapi jalur tikus pemancing, di sana tersedia tak banyak perahu tetapi harga menyebrang ke Gili Nanggu dengan Nelayan pemancing berbeda cukup jauh. Untuk 2 orang kita hanya membayar 150.000. hanya saja jalan masuk ke Goa landak cukup rusak, sebuah jalan tanah yg tak rata, menyisir tambak dan tepi bukit, mobil sudah dapat melewati jalan ini, karena di daerah tersebut memang banyak di huni masyarakat Lombok .

Dusun medang sendiri berada 1 km sebelum sampai di Dusun Tawun. Banyak-banyaklah bertanya kepada penduduk sekitar jika ingin melewati jalur alternative backpacker ini.

Didalam Gili Nanggu sudah terdapat penginaapan yang dapat di sewa cukup mahal. Harga termurah 450ribu, dengan fasilitas AC dan air tawar. Terdapat juga café,mushola,dan penakaran penyu. Kita dapat melihat tukik yang dipelihara dan dilepaskan ketika telah cukup usianya. Untuk pengunjung dapat membeli dan melakukan pelepasan tukik ke laut pada penjaga Villa di Gili Nanggu.

Pasir di Gili Nanggu sungguh lembut dan putih, alamnya yang tenang, sepi membuat kita nyaman merasakan keindahan Lombok. Begitulah Ungkap Om Duta Lombok Here seorang pegiat wisata di Pulau Lombok ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya