Melihat mereka yang memiliki kemampuan lebih, mampu secara finansial, memiliki segudang pengalaman, dibekali ilmu yang mumpuni bahkan mempunyai kualitas diri yang tak bisa disaingi, tentu saja bisa bikin iri hati.


aah, kenapa aku gak dilahirkan seperti mereka dengan segala kemampuan yang melekat pada dirinya! Seruku pada Tuhan.


Advertisement

Keluhan semacam di atas bisa saja muncul ketika kita sudah berusaha sebaik mungkin melakukan apa yang kita ingini. Misal saja, ketika kita menginginkan jadi seorang penulis handal, videografrer, fotografer, seorang desainer, public speaking, MC, jurnaslis, pengusaha atau apapun, eh tapi ternyata setelah berusaha semaksimal mungkin, tetap saja tak bisa – bisa. Kalopun mampu, ya standar-standar saja.

Yap, setiap orang pasti mengalami hal yang demikian, meskipun tidak semuanya. Namun, ada sebagian dari kita yang berusaha menjadi sesuatu, tapi ternyata kita tak memiliki kemampuan di dalamnya. Kalopun bisa, hasilnya tak seperti mereka yang dengan mudah bisa buat orang lain langsung bertepuk tangan ria, memberi like sebanyak banyaknya, mengapresiasi hingga tak terhingga.

Lantas, apakah kita harus menyerah?

Advertisement

Tentu saja tidak, kataku. Karena apa yang sedang kita usahakan, haruslah tetap diperjuangkan. Karena tuhan tak akan pernah diam dan mengabaikan apa yang kita perjuangkan.


Yakin saja, Tuhan memberimu bekal, ilmu & kemampuan agar kamu berjuang terhadap apa yang ingin kamu capai, meskipun kamu tak memiliki kemampuan atau ilmu dasar saat ini. Toh Akhirnya Tuhan juga akan memberi segala yang kamu butuhkan lewat perjuangan untuk mencapai sesuatu.


Jadi jangan pernah menyerah terhadap apa yang ingin kamu perjuangkan meskipun kamu tak memiliki kemampuan. Berusahalah sepanjang keinginanmu untuk menggapai cita-citamu, meskipun kamu harus banyak berkorban. Toh pada akhirnya, perjuanganmu akan dibayar oleh Tuhan dengan ilmu, kemampuan dan pengalaman yang bisa jadi bekalmu meraih cita-citamu, entah kapan. Biarkan tetap menjadi rahasia Tuhan. Karena yang terpenting, kita sebagai manusia adalah belajar, berusaha, berjuang dan berdoa agar apa yang kitan inginkan menjadi kenyataan.

Dan jangan lupa, jadikan iri hati terhadap mereka yang kau anggap hebat sebagai api yang membakar dan mengobarkan semangatmu untuk berjuang agar kau bisa seperti mereka kelak.


Hal lain yang harus kamu yakini adalah roda kehidupan yang selalu berputar. Bisa saja mereka seperti apa yang kamu inginkan saat ini, dan  bias jadi kamu menjadi apa yang kamu inginkan nanti, menggantikan mereka yang telah dulu menjadi apa yang kamu ingini.


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya