Semoga kawan-kawan selalu berada dalam kesehatan dan nikmat kebahagiaan. Lombok memiliki banyak spot wisata, gili, pantai, air terjun, gunung, danau, hutan wisata, peninggalan sejarah, objek wisata religi dan masih banyak objek wisata yang memukau untuk dapat dikunjungi di Lombok.

Beda pantai tentu berbeda juga kegiatan wisata yang bisa kita lakukan. Untuk snorkel, umumnya dapat dilakukan di pantai dan gili yang tenang, dengan terumbu karang yang masih sangat alami, seperti Gili Meno, Gili Air, Nanggu, Gili Ptelu, Gili Layar, Pantai Kecinan, Pantai Pink, Sequi, Pantai Elak-Elak Sekotong,dan lain-lain. Ada pula pantai di lombok yang berstruktur ombak tinggi. Pantai ini cukup tepat dipakai berselancar dan berdiri ganteng di atas papan. Pantai-pantai yang sering menjadi favorit para surfer di Lombok, umumnya berada di laut lepas selatan, seperti Bangko-Bangko, Selong Blanak, Mawi, Gerupuk hingga Pantai Surga, memiliki ombak yang rata. Kebanyakan yang berselancar di tempat tersebut adalah para bule atau wisatawan mancanegara yang jauh-jauh datang ke Lombok hanya untuk menikmati keindahan besarnya gelombang ombak, yang diminati oleh para peselancar. Bangko – Bangko dan Grupuk. Tempat-tempat surfing tersebut sudah mendunia, banyak peselancar ahli yang sudah menaklukkan tingginya gelombang ombak di tempat ini.

Advertisement

Untuk para peselancar pemula (seperti saya ini), pantai dengan ombak sedang, seperti pantai Senggigi yang hanya 20 menit dari kota Mataram, dapat dijadikan lokasi berlatih. Pantai Selong Blanak juga cukup asik untuk dijadikan tempat belajar berjalan di atas ombak. Sebagaimana Pantai Senggigi, Selong Blanak memiliki ombak yang cukup kuat untuk mendorong papan selancar. Perlu di ingat dan hati-hati, walaupun ombak tak terlalu besar, dapat melukai kawan jika terbentur dengan batu karang yang keras dan tajam, yang berada di sekitar gelombang ombak tersebut. Jadi, para sahabat bisa belajar dulu di tepian pantai yang tak berkarang, agar tidak terluka oleh karang yang ada di pantai.

Di beberapa tempat surfing, biasanya diadakan perlombaan, yang para persertanya bukan hanya dari warga lokal, tetapi ada juga yang berasal dari luar pulau Lombok, bahkan berasal dari luar negeri. Di daerah Kuta, Lombok Tengah, jangan kaget jika melihat banyak bule yang menggunakan motor, dengan kerangka besi yang menempel di bagian belakangnya. Motor tersebut digunkan untuk menaruh papan surfing. Wisatatawan yang tinggal di Kuta, Lombok Tengah, kebanyakan adalah para wisatwan yang memiliki hobi berselancar. Mereka sengaja memilih Kuta, yang jauh dari perkotaan atau fasilitas umum, karena lokasinya dekat dengan beberapa lokasi surfing. Para wisatawan tersebut tinggal dengan waktu yang lama, bisa sampai dua minggu, karena mereka ingin menikmati gelombang ombak yang indah di pantai Grupuk dan Bangko-Bangko.

Lombok, sangat komplit bagi kawa- kawan yang ingin berselancar di sana. Banyak yang bisa diexplore dari wisata air terjun, pantai, budaya, olahraga air, di Lombok dan masih banyak aktifitas menarik lainnya yang bisa dinikmati di pulau Lombok ini. Jadi, ayo ke Lombok, banyak kebahahiaan yang menanti kawan kawan di Pulau Kami.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya