Memulai pekerjaan baru memang menyenangkan, tapi juga penuh tantangan. Biasanya setelah beberapa hari berlalu, kita mulai memikirkan hal-hal seperti, apakah saya sudah melakukan pekerjaan dengan baik? Haruskah saya mengajukan pertanyaan bodoh? Bagaimana cara menggunakan printer?

Advertisement

Tidak apa-apa, itu semua wajar dan normal. Kita hampir selalu merasa canggung saat memulai pekerjaan baru.

Nah, 4 tips ini dapat membantu Anda saat memulai pekerjaan baru.

Advertisement

1. Bersikap rendah hati

Mulailah pekerjaan baru dengan "pikiran pemula". Itu berarti lebih banyak mendengarkan, dari pada berbicara, dan benar-benar memahami apa kebutuhan organisasi dan budaya di tempat kerja baru.

Pekerjaan baru adalah waktu untuk belajar. Anda mungkin pernah sukses sebelumnya dalam posisi yang sama di perusahaan yang berbeda. Tetapi setiap organisasi berbeda. Cari tahu apa yang berhasil (dan apa yang belum) untuk kantor baru Anda, sebelum mengasumsikan diri bahwa Anda adalah seorang ahli.

Ini berlaku juga untuk posisi manajerial. Dari pada memulai pekerjaan dan segera meneriakkan perintah, ada baiknya untuk menemui rekan kerja Anda, dengar, dan belajarlah dari mereka. Dengan melakukan itu, Anda akan dapat memimpin dengan lebih efektif, sambil mendapatkan rasa hormat mereka.

Yang paling penting ketika Anda memulai pekerjaan baru dan hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah berbicara tanpa henti tentang cara Anda melakukan sesuatu di perusahaan lama Anda atau menganggap bahwa Anda mengetahui segalanya pada hari pertama.

2. Datang lebih awal

Ada baiknya untuk datang ke kantor baru Anda dengan energi dan antusiasme. Anda harus bekerja keras ketika memulai pekerjaan baru. Jika bisa, pergilah ke kantor lebih awal dari bos Anda, meskipun hanya lima menit sebelumnya. Itu menciptakan kesan yang baik ketika mereka masuk dan melihat bahwa Anda sudah bekerja keras. Bos Anda akan benar-benar menghargai ini, dan itu akan membuat Anda siap untuk sukses dalam jangka panjang.

3. Berbaur dengan rekan kerja

Saat memulai pekerjaan baru, penting agar kolega menyukai dan menerima Anda. Bagaimana tanggapan rekan kerja terhadap Anda bisa mempengaruhi berhasil tidaknya Anda dalam pekerjaan baru.

Anda ingin dianggap sebagai bagian dari tim. Cara tercepat untuk membuat seseorang menyukai Anda ketika bertemu mereka adalah dengan menemukan persamaan. Apakah itu karena Anda menyukai tim olahraga yang sama, makanan yang sama, tempat berlibur yang sama, dan sebagainya.

Intinya, orang cenderung menyukai orang yang seperti mereka. Ketika memulai pekerjaan baru, berpakaianlah dan berperilaku serupa dengan yang ada di kantor Anda. Ya, setidaknya pada awal-awal pekerjaan Anda.

4. Temui manajer baru Anda secara teratur

Seorang manajer membutuhkan karyawan yang bertanggung jawab agar mereka tidak perlu khawatir tentang berbagai hal. Karena itu, Anda perlu mengetahui apa yang diinginkan atasan Anda dan apa target yang dibebankan kepada Anda.

Sangat dianjurkan untuk bertemu dengan atasan Anda secara teratur, karena itu dapat membuat mereka mengenal dan lebih mempercayai Anda.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya