Bertahun-tahun sendiri alias tanpa gandengan sebenarnya bukan masalah serius kok. Hanya saja orang-orang di sekitarmu saja yang suka nyinyir tentang status dan hubunganmu. Wajar, sih. Kan salah satu sifat alami manusia adalah mengkritik dan mencari kekurangan orang lain. Hal terpenting adalah kamu nggak boleh baper!


"Kok bener ya katanya si A, aku udah jomblo sekian tahun. Jangan-jangan bakalan jomblo seumur hidup lagi? duh!"


Advertisement

Si A bukanlah dukun, bukan juga Tuhan. Apapun kata-kata sopan tapi menusuk yang Si A ucapkan, lebih baik kamu jadikan cambuk untuk lebih lagi dalam memantaskan dan membangun diri. Sekali lagi, jangan pernah baper dengan perkataan orang-orang di sekitarmu.

Tidak merasakan jatuh cinta dalam periode yang cukup panjang bukan berarti hatimu sudah mati rasa. Itu tandanya Tuhan sedang membuat kejutan untukmu. Kalaupun hari ini rasanya sepi dan hampa, seakan-akan orang-orang yang dekat denganmu datang dan pergi, mungkin besok bisa menjadi hari paling membahagiakan untukmu, ketika kamu bertemu dengan belahan jiwamu di saat yang tak pernah kamu duga. Tugasmu hanya menunggu dan menikmati kehidupan yang sudah diberikan kepadamu.


"Dia baik, pengertian, dan menerima aku apa adanya. Tapi kenapa hatiku nggak ada rasa apa-apa ya?"


Advertisement

Ada juga yang saking seringnya ditolak cintanya, sampai-sampai seperti trauma untuk mencintai. Ya, semacam kehilangan selera untuk mencintai karena takut untuk kecewa kesekian kali. Normal kok. Sangat normal. Kamu hanya butuh obat yang tepat, salah satunya waktu.

Terlalu lama sendiri bukan berarti kamu nggak laku. Toh jodoh siapa yang tahu, sih? Kok berani-beraninya mereka ngatain kamu nggak laku. Kamu bukan barang dagangan murah, kan? Semakin mahal harganya, semakin lama untuk terjual. Barang dagangan mahal nggak sembarangan sebelum dijual. Butuh proses, tempaan, waktu pembuatan, sampai akhirnya bisa dilepas di pasaran. Kamu pantas jadi yang mahal.

Kalaupun luka lama masih membekas hingga membuatmu ogah untuk memulai cinta yang baru. Nggak apa-apa. It is okay. Sembuhin dulu, senang-senang kemudian. Lakukan apa saja yang menurutmu adalah 'surga' bagimu. Jalan-jalan? Bikin lagu? atau olahraga? Semuanya juga boleh.

Kalaupun kamu kehilangan selera untuk mencintai siapa-siapa karena selalu bertepuk sebelah tangan, it is totally fine! Habisin jatah bertepuk sebelah tanganmu sekarang, nanti kamu akan menuai cinta yang sama-sama saling menepuk. Percayalah.

Tidak ada satupun orang di dunia ini yang menolak untuk dicintai dan mencintai. Kalaupun sekarang kamu merasa kedua hal tersebut bukanlah 'kamu banget', ya nggak papa. Karena tiap insan punya waktunya sendiri-sendiri untuk merasakan yang namanya cinta yang sejati.

Percaya. Waktu akan membawamu ke situasi hati yang nggak pernah kamu rasakan sebelumnya. Percaya saja dan pantaskan dirimu untuk itu.

Selamat menikmati malam mendung!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya