#UpgradeDirimu dengan Mengetahui Apa Itu Borderline Personality Disorder?

Apa itu Borderline Personality Disorder (BPD)?

Borderline Personality Disorder (BPD) atau disebut juga Gangguan Kepribadian Ambang menurut saya adalah gangguan mood ekstrem seperti pada orang dengan Bipolar (ODB),namun orang dengan BPD dapat melakukan hal ekstrim bahkan percobaan bunuh diri untuk memuaskan rasa sakitnya. Nah kenapa sih aku pengen bahas ini, so kesehatan jiwa juga berpengaruh dalam hidup kita. Saya seorang pengidap Borderline Personality Disorder disertai Bipolar.

Tetapi saya tak malu mengungkapkannya, kenapa harus malu selama kita tidak melakukan hal yang berbahaya pada orang lain. Gejala-gejala BPD hampir sama dengan gejala Bipolar, namun pada Bipolar dibagi menjadi beberapa jenis dan dahulu bipolar disebut manic-depretion karena individu yang mengalami Bipolar setidaknya pernah mengalami manic dalam hidupnya. Manic disini ditandai dengan gejala seperti tenaga yang berlebihan, merasa tidak butuh tidur (insomnia), berbicara terlalu cepat, ceria, konsumtif, dll.

Advertisement

Okey guys kita bahas kembali BPD atau Gangguan Kepribadian Ambang, tidak ada manic-depretion seperti pada orang bipolar. Gangguan Kepribadian ini mengambang, atau berkegantungan pada orang lain, takut kehilangan atau ditinggalkan oleh orang yang menurutnya penting serta kadangkala melakukan percobaan bunuh diri atau melukai dirinya agar orang memperhatikannya , biasanya individu dengan BPD selalu ingin menjadi pusat perhatian, tidak mampu berkomunikasi selain pada orang yang dipercayainya, melakukan hal impulsif. Faktor resiko orang memiliki Gangguan Kepribadian Ambang sendiri yaitu faktor genetis atau keterunan, lingkungan, dll.  

Kayanya segini dulu narasi yang saya sampaikan, untuk lebih lanjutnya stay terus di Hipwee. Bye.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE