Kepergian vokalis Linkin Park yang menjadi ikon band ini selama bertahun – tahun lamanya masih menyesakkan jutaan hati para fans yang kagum dengan karakter vokal Chester Bennington.

Kabar kematian vokalis asal Amerika ini juga cukup mengagetkan bagi para fans, bukan karena mengidap suatu penyakit kronis ataupun mengalami sebuah kecelakaan melainkan Chester Bennington dikabarkan meninggal dengan cara bunuh diri. Terlebih desas – desus lainnya mengatakan bahwa jalan yang ia pilih untuk mengakhiri hidup dan karirnya sebagai vokalis band terkenal di seluruh dunia disebabkan pemikiran bahwa ia juga harus mengikuti jalan yang sama seperti kasus gantung diri seorang sahabat karibnya Chris Cornell.

Advertisement

Linkin Park, band yang dibentuk pada tahun 1996 sendiri mencapai masa keemasannya pada tahun 2000 dengan merilis sejumlah album yang menjadi hits dari tahun ke tahun. Bahkan sekalipun band ini hanya mengeluarkan sebuah single yang menurut mereka adalah sebuah single andalan, kharisma dan kepopuleran lagunya juga sangat mendunia. Sebut saja seperti album Meteora, Hybird Theory, dan One More Light sebagai album teranyar yang dirilis Linkin Park di tahun 2017. Formasi band ini mengalami perubahan dari awal dirilisnya album Meteora. Bukan itu saja, ada reposisi peran Mike Shinoda yang menjadi rapper, keyboardis dan merangkap posisi sebagai rythm dan backing vokal sebelum Chester Bennington meninggal.

Untuk mengenang sang vokalis Chester Bennington, Linkin Park membuat sebuah konser tribute berlokasi di Hollywood Bowl pada 27 Oktober 2017 dengan menggandeng salah satu vokalis band beraliran metalcore asal Inggris Bring Me The Horizon. Pada acara bertajuk "Linkin Park And Friends Celebrate Life In Honor of Chester Bennington". Crawling adalah salah satu lagu yang dibawakan Linkin Park sekaligus lagu yang dinyanyikan oleh Oliver Sykes. Aksi panggung "Oli" sapaan akrab Oliver Sykes pun sanggup mengguncang para fans yang hadir dalam konser ini. Dan karakter vokal Oli juga terkesan sangat pas dengan lagu Crawling, dimana tidak banyak nada – nada tinggi bagi vokalis yang lebih sering menyanyikan lagu dengan teknik screaming ini.

Karakter vokal Oliver Sykes mengalami evolusi dari masa ke masa dari saat pertama ia dengan bandnya merilis album BMTH "Count Your Blessings", hingga mereka semakin mengeksplor kualitas musiknya hingga berganti aliran menjadi Nu Metal mulai dari album Sempiternal. Dan album terbarunya di tahun 2017, "Thats The Spirit".

Advertisement

Namun perform apik dari Oli dalam membawakan lagu Crawling tidak semulus itu, bahkan seorang tak dikenal sengaja membuat masalah dengan menambahkan rekaman "take vocal" pada sesi latihan yang membuat Oliver Sykes seolah terdengar menggunakan teknik lypsinc saat membawakan lagu Crawling. Tidak ingin kabar ini menjadi fitnah yang merugikan dirinya maupun Linkin Park, Oli dalam akun twitternya berusaha mengkonfirmasi dan mengatakan apa yang sebenarnya terjadi. Seperti dua buah tweet yang ia posting kemarin 27 October 2017, ia menuliskan


"Some1 fucked up hard n used my reherarsal take from the night before on the live stream…no lypsinc here's the real deal"


Oliver Sykes memastikan tidak ada lypsinc pada perform live lagu Crawling yang ia bawakan bersama di tribute show, seperti perjanjian yang sudah ia sepakati sebelumnya dengan Linkin Park. Dan selanjutnya ia menuliskan tweet sebagai tanda terimakasih atas Linkin Park yang sudah memberikan kesempatan baginya untuk tampil bersama mereka.


Anyway technical difficulties aside, what an amazing life affirming to be part of, thank you @linkinpark


Selain berkolaborasi dengan Oliver Sykes, Linkin Park juga menggandeng sejumlah vokalis band dan solo lainnya seperti Taka dari One Ok Rock, Jeremy Mckinnon dari A Day to Remember, Machine Gun Kelly, Kiiara, Jonathan Davis dari Korn, Derick Whibley dari Sum 41, Serj Tankian dari System of A Down, M Shadows dari Avenged Sevenfold, Ryan Key, Alanis Morisette. Untuk lagu apa saja yang dibawakan, antara lain Crawling, Somewhere I Belong, Paper Cut, Faint, Catalyst, Shadow of The Day, In The End, One Step Closer dan Burn it Down.

Hingga saat ini belum ada kabar soal siapa vokalis yang akan dipilih Linkin Park untuk menggantikan posisi Chester Bennington. Kabar soal Oli yang akan menggantikan posisi Chester pun hanya sebatas isu saja, dan sangat tidak mungkin mengingat Oliver Sykes benar – benar membangun karir suksesnya bersama Bring Me The Horizon dari nol. Dan aliran musik yang dibawakan Linkin Park juga bukanlah tipe yang sesuai untuk karakter vokal Oliver Sykes. Overall, kolaborasi Linkin Park dengan para vokalis band dan solo ternama adalah kolaborasi yang paling fresh dan keren akhir Oktober ini !

artikel ini saya buat dengan mengutip beberapa sumber. source and link seperti yang ada dibawah ini.

https://www.altpress.com/news/entry/oli_sykes_chester_bennington_lip_sync

https://en.wikipedia.org/wiki/Count_Your_Blessings_(Bring_Me_the_Horizon_album)

https://en.wikipedia.org/wiki/Linkin_Park

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya