Apa itu kanker? Kanker adalah suatu keadaan ketika sel-sekelompok sel di dam tubuh manusia mengalami pertumbuhan yang tidak terkendali. Semakin lama sel kanker tumbuh maka ia akan berubah menjadi tumor. Kanker dapat menyerang siapa saja mulai dari yang muda sampai yang tua,bahkan janin pun dapat terkena kanker. Kanker menjadi pembunuh 13 % warga di dunia.

Selain itu biaya penyembuhan kanker cukup mahal, apalagi ketika telah berubah menjadi tumor , maka untuk mengangkat tumor tersebut butuh operasi pembedahan dengan biaya puluhan juta rupiah. Mengerikan bukan, baru-baru ini saya melihat teman saya yang melakukan pengangkatan tumor menghabiskan biaya hingga 20 juta untuk sekali operasi. Mungkin banyak diantara kita yang tidak sadar kalau selama ini sering melakukan hal-hal yang dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker. kali ini kita akan membahas mengenai Hindari Pemicu Terjadinya kanker, sebab mencegah lebih baik daripada mengobati.

Berikut adalah hal-hal yang harus dihindari supaya tidak terserang kanker :

Hindari kontak dengan sinar UV

Advertisement

Melebarnya lapisan Ozon menyebabkan kemungkinan sinar UV bisa tembus ke bumi, dampaknya dapat menyebabkan kanker kulit pada manusia. Hindari Sinar UV adalah solusinya, bila keluar rumah sebaiknya gunakan penutup kulit dan kepala, selain menghindari hawa panas juga dapat mencegah terkena kanker kulit.

Hindari konsumsi bahan-bahan kimia

Advertisement

Bahan kimia saat ini memang sulit dipisahkan dari kehidupan manusia, mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali kita terus diperhadapkan pada bahan-bahan kimia. Tanpa disadari bahan-bahan kimia tersebut ada yang masuk ke dalam tubuh manusia entah itu melalui makanan maupun terhirup udara. Bahan-bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh dapat memicu terjadinya kanker darah (leukimia) . Biasakan untuk selalu mencuci bersih setiap buah maupun sayuran sebelum dikonsumsi sebab terkadang bahan makanan tersebut disemprot insektisida selama masa penanaman.

Hindari kebiasaan hidup tidak sehat

Merokok dan memakai narkoba adalah memasukkan bahan-bahan kimia ke dalam tubuh secara langsung. Di dalam rokok setidaknya terkandung 4000 jenis bahan kimia yang berbahaya. Merokok dapat menyebabkan terjadinya kanker darah.

Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol sama bahayanya dengan merokok, tetapi sering minum minuman beralkohol seperti bir dapat memicu terjadinya kanker usus.

Hindari makanan berpengawet

Sering kali mengkonsumsi makanan berpengawet dapat memicu terjadinya penyakit kanker hati. Negara-negara yang sering makan makanan alami tanpa pengawet terbukti jarang sakit dan tidak menderita penyakit kanker. Sementara di kota-kota besar, makanan awetan menjadi konsumsi sehari-sehari. Oleh karena itu kurangi konsumsi makanan berpengawet

Hindari begadang

Tidur terlalu dinihari dapat membuat terjadinya kanker pada hati, sebisa mungkin untuk kita berusaha tidur lebih awal dan bangun lebih pagi agar terhindar dari kanker hati, silahkan baca cara agar bisa bangun pagi

Itulah Pemicu kanker yang harus di hindari . Sebenarnya cukup mudah untuk mencegah kanker, sebab pemicu utama terjadinya kanker adalah karena adanya benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan pertumbuhan sel menjadi tidak terkendali dan menyebabkan kanker.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya