Fakta-Fakta Jordy Wehrmann, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Jordy Wehrmann pernah satu tim dengan Robin Van Persie

Timnas Indonesia yang berada di bawah komando Shin Tae-yong memang sedang gencar untuk mencari pemain asing yang berdarah Indonesia. Tujuannya adalah untuk memperkuat barisan tim dan membuat timnas bisa bersaing dengan negara lain.

PSSI sudah mengantongi tiga nama yang masuk program naturalisasi, yaitu Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama. Namun ternyata PSSI masih memiliki kandidat nama yang akan menjadi pemain naturalisasi Indonesia, mereka adalah Jordy Wehrmann dan Emil Audero Mulyadi.

Untuk Emil Mulyadi yang merupakan kiper klub Sampdoria memang sudah dikenal oleh fans sepak bola Indonesia. Namun, siapakah Jordy Wehrmann? Simak fakta-fakta di bawah ini!

1. Pernah bermain untuk timnas Belanda

Jordy Wehrmann di timnas junior Belanda

Jordy Wehrmann di timnas junior Belanda | credit @jordywehrmann

Jordy Wehrmann kecil memiliki karir yang cukup cemerlang. Dia berhasil dipromosikan masuk tim utama Feyenorrd di usia muda dan menjadi pemain andalah di sana. Dia juga pernah membela timnas Belanda kelompok usia, tepatnya pada gelaran Euro U-17 2016. Dia memainkan 11 pertandingan dan berhasil membawa Belanda masuk semifinal.

Pada tahun 2018, dia juga membela Belanda di Euro U-19. Sayangnya dia hanya bermain satu pertandingan.

2. Darah keturunan Indonesia

Punya keturunan Indonesia

Punya keturunan Indonesia | credit @jordywehrmann

Jordy Wehrmann memiliki darah Indonesia dari sang ibu, di mana kakek dan neneknya merupakan warga Indonesia asli. Walaupun lahir di Belanda, Jordy tetap menjaga ikatan dengan Indonesia, terbukti dia sudah pernah tiga kali ke Indonesia dan sering menyantap makanan Nusantara yang dibuat keluarganya.

3. Pemain versatile (Serba bisa)

Jordy Wehrmann | credit @jordywehrmann via www.instagram.com

Jordy merupakan pemain serba bisa, dia memiliki posisi terbaik sebagai gelandang. Walaupun begitu dia juga bisa mengisi posisi lain.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Jordy bisa bermain sebagai bek tengah, gelandang kiri dan kanan.

4. Satu tim dengan Robin Van Persie

Jordy Wehrmann dan Robin Van Persie

Jordy Wehrmann dan Robin Van Persie | credit @jordywehrmann

Jordy Wehrmann masuk skuad utama Feyenoord pada musim 2018/2019. Saat itu Feyenoord berada di posisi ketiga setelah Ajax dan PSV. Di musim tersebut, Feyenoord memiliki pemain-pemain berkelas, salah satuya adalah Robin Van Persie. Musim tersebut juga merupakan musim terakhir Van Persie sebagai pemain profesional.

Selain itu, ada Steven Berghuis yang saat ini bermain bagi Ajax Amsterdam.

5. Dipromosikan oleh Giovanni van Bronckhorst

Giovanni van Bronckhorst | Credit @giovannivbronckhorst

Karir Jordy Wehrmann tidak bisa terlepas dari peran Giovanni van Bronckhorst yang merupakan mantan pemain timnas Belanda dan menjabat sebagai pelatih tim senior Feyenorrd. Di musim 2018/2019, van Bronckhorst mendaftarkan 29 nama untuk skuad Feyenoord. Dua pemain diambil dari U-19, yakni Mats Knoester dan Jordy Wehrmann.

Namun diakhir musim, van Bronckhorst kemudian berpisah dengan Feyenoord dan digantikan oleh Dick Advocaat. Pada era Dick Advocat, Jordy Wehrmann tergusur dari posisi tim utama.

Nah, itulah beberapa fakta mengenai Jordy Wehrmann. Semoga dengan datangnya pemain naturalisasi, timnas Indonesia bisa bersaing dengan negara lain ya!

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.