Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, misalnya pola makan teratur atau olah raga. Selain itu pemilihan bahan makanan pun perlu diperhatikan. Bahan makanan yang baik ialah bahan yang banyak mengandung serat, karbohidrat, mineral, vitamin dan kandungan lainnya.

Salah satu bahan yang bisa dipertimbangkan kandungan gizinya ialah beras. Bisa dibilang beras rupakan bahan konsumsi terpopuler di Indonesia. Beras diyakini sebagai sumber karbohidrat terbesar dibandingkan dengan sumber pangan lainnya. Nah, sudah ada yang tahu belum jenis-jenis beras dan kandungannya yang juga populer di Indonesia? Yuk simak baik-baik yaa..

Advertisement
  1. Beras Putih. Beras putih merupakan beras yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Kelebihan beras putih ialah mudah dimasak dan memiliki tekstur pulen serta memiliki aroma yang harum. Namun dibalik kelebihannya, ia juga memiliki kekuranga, yakni kandungan gizi yang dibilang cukup rendah dibanding jenis beras lainnya. Hal ini dikarenakan proses penggilingan dan pencucian yang panjang sehingga kandungan gizinya berkurang.
  2. Beras Merah. Beras ini juga tak kalah populer di Indonesia. Biasanya, beras ini dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit atau sedang melakukan program diet. Beras ini diyakini memiliki indeks gilkemik yang rendah dimana makanan tidak langsung diubah menjadi gula sehingga kandungan gula dalam darah bisa tetap stabil. Selain itu beras merah juga banyak mengandung serat, vitamin B6 dan antioksidan. Namun beras ini memiliki tekstur yang lebih keras jika dibandingkan dengan beras putih, sehingga memerlu waktu yang lebih lama saat memasaknya.
  3. Beras Ketan. Beras ketan juga tak kalah populer di Indonesia. Namun biasanya beras ketan bukan sebagai olahan menu makan utama melainkan diolah untuk dijadikan cemilan atau kue. Beras ketan sendiri memiliki dua jenis, yakni beras ketan putih dan hitam. Beras ketan sendiri memiliki tekstur yang lengket dan rasa yang gurih saat dimakan. Selain itu beras ketan juga beanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan sistem imun pada tubuh.
  4. Beras Hitam. Dari namanya mungkin agak asing ditelinga. Beras yang satu ini jarang dikonsumsi di Indonesia. Warnanya memang hitam, namun saat selesai dimasak warnanya akan berubah menjadi ungu tua dan memiliki tekstur agak pera. Walaupun begitu, beras hitam memiliki banyak kandungan gizi, seperti antioksidan, vitamin E dan antiinflamasi. Beras hitam ini sangat bermanfaat untuk kulit, menangakal sinar UV dan menurunkan diabetes.
  5. Beras Coklat. Beras coklat tidak melewati proses yang cukup panjang seperti beras putih. Cukup digiling untuk menghilangkan kulit berasnya saja sehingga menghasilkan warna coklat. Beras ini kaya akan kandungan fitonutrein, mineral, vitamin dan lemak esensial. Beras ini juga sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker, kolestrol dan diabetes.

Nah, sudah tahu kan ternyata ada jenis beras lain selain beras putih yang lebih banyak kandungan gizi dan manfaatnya. Nggak ada salahnya untuk sesekali mengolah dan mengkonsumsi jenis beras lain. Bukan berarti beras putih jelek yaa. Semuanya memiliki manfaat yang baik pada tubuh, asalkan tetap diperhatikan pola dan jumlah konsumsinya. Selain itu juga jangan lupa berolah raga agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya