Ambisi!

Apa yang akan kalian katakan tentang ambisi kalian?

Advertisement

Bagaimana tanggapan orang disekitar kalian saat kalian mengatakan ambisi kalian?

Apakah mereka akan mendukung, mengejek, menertawai atau memberikan semangat?

Terkadang mungkin apa yang kita pikirkan akan dianggap aneh oleh orang lain, termasuk saat mengatakan apa yang kita impikan. Saat melihat orang lain menertawakan apa yang menjadi mimpi kita, maka ambisi ini secara otomatis akan menyala. Layaknya alarm bahaya, ambisi ini akan berdering sangat keras mengingatkan kita untuk melawan orang yang menertawakan kita, tentunya dengan mewujudkan mimpi kita.

Advertisement

Ambisi ini terkadang akan mengikis perasaan cinta yang ada dalam diri kita. Mungkin kita tak akan sadar, akan tetapi secara perlahan mengeraskan hati kita sehingga menjadi semakin tangguh dan tak kalah dengan cinta. Apa lagi untuk sekedar cinta menye-menye bak drama korea.

Ambisi akan membakar semangat dalam diri, menyalakan api keberanian dan membakar semua kelemahan. Tak ada kata takut saat ambisi ini sudah merasuki dan pula tak akan ada kata mengalah jika diri sudah di kuasai ambisi ini.

Seberapapun sakit yang diterima, ambisi akan menjadi kekuatan untuk menyembuhkan luka tersebut. Seberapun kejamnya dunia yang akan berusaha melemahkan diri kita, akan kalah dengan besarnya ambisi dari diri kita. Ambisi akan menjadi semangat yang tak bisa padam saat hasrat dan impian masih jelas tertanam.

Seperti itu pulalah yang ada dalam diriku, saat aku merasa berada dalam titik lemah aku akan mengingat impianku dan ambisi ini akan mulai merasukiku membakar semangatku. Entah sejak kapan ambisi ini mulai menjadi sahabat terbaikku, yang bisa menguatkan saat aku lemah, yang menyemangati saat aku hampir menyerah, yang membangunkanku saat aku terjatuh, yang membuatku kuat dari segala cerca dan godaan cinta gila.

Layaknya batu karang yang tak akan hancur diterpa ombak, hampir seperti itulah ambisi dan mimpiku. Yang akan sulit dimengerti oleh mereka mengapa aku memimpikan hal bodoh yang hanya bisa dicapai oleh orang cerdas, yang mempunyai banyak harta. Ini konyol dan gila bagi mereka, tapi ini akan menjadi nyata saat ambisi ini terus merasuki ku, dan aku yakin itu.

Sampai pada akhirnya seorang sahabat mengingatkanku untuk mendengarkan hati kecilku dan tak terlalu menyiksa diri sendiri dengan mengabaikan hati demi mimpi gila. Mungkin bagi kalian yang mempunyai mimpi gila sepertiku kalian akan melakukan hal sama yaitu mengabaikan nasehat sahabat kalian. Aku gadis kampung yang gila, tak tau batas berkhayal dan tak peduli usia.

Tak apa, segila apapun pandangan mereka mimpi ini akan membangkitkan ambisiku dan menyemangatiku. Terkadang aku iri melihat sekuel konyol cerita cinta temanku, atau roman picisan anak tetangga yang masih ABG. Sedangkan aku, masih saja seperti orang gila yang tak peduli cinta dan kenikmatan dunia.

Ini sudah lima tahun, dan aku masih saja berkutat dengan proses merealisasikan mimpi ini. Belum ada titik terang, dan belum kutemui jalan. Tapi ini bukan masalah, karena kembali lagi ambisi ini menjadi vitamin bagiku saat aku mulai lelah. Apakah kalian juga merasakan hal sama sepertiku?

Yah, sebenarnya ambisi tidak selalu bersifat negatif seperti kebanyakan para koruptor dan penipu dunia. Selagi ambisi itu bersifat positif dan tidak merugikan orang lain, maka tak ada salahnya diteruskan.

Ambisi adalah salah satu kekuatan alami dalam diri seseorang yang memiliki mimpi dan hasrat yang tinggi. Ambisi dapat menumbuhkan keberanian, membangkitkan semangat. Ambisi akan mengubur ketakutan, membunuh rasa malas, menghapuskan kesedihan.

Akan tetapi ambisi pula dapat memicu keserakahan, ketamakan, dan mengikis cinta serta perasaan.

Ambisi akan menjadi bom waktu yang bisa meledak kapan saja jika tidak bisa dikontrol dengan baik. Akan menjadi bumerang jika tak di tepatkan di tempat yang tepat.

Dengan ambisi seseorang akan menjadi orang yang kuat dan tangguh. Dengan ambisi pulalah seorang yang baik akan menjadi predator ganas saat ambisi yang akan memangsa apapun untuk memuaskannya.

Sekali lagi tak ada salahnya berambisi dan mempunyai mimpi yang gila, tetapi satu hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai ambisi ini menjadi bom waktu yang akan menghancurkan kekuatan yang telah kita bangun.

Aku juga akan terus berhati-hati untuk mengontrol ambisi ini. Jadi kalian juga harus melakukan hal yang sama.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya