Kehidupan seseorang tidak pernah ada yang tahu, dia bakal susah atau sukses. Karena semua itu sudah ditakdirkan oleh Sang Pencipta. Kita patut bangga jika pernah merasakan hidup yang susah, semua serba pas-pasan dan semua serba terbatas. Anggap saja itu sebuah proses yang harus kita jalani untuk menemukan jalan terang di kemudian hari.

Walaupun di setiap perjalanan hidup selalu ada masalah yang datang. Itu merupakan ujian untuk menaikkan level kita dalam memecahkan masalah. Selalu yakinlah bahwa setiap masalah itu pasti mempunyai solusinya. Tak perlu merasa pesimis akan masalah berat yang kamu alami, lihatlah di luar sana yang mengalami hal lebih berat dari kita.

Advertisement

Kita tau bahwa untuk menuju sukses itu tidak mudah. Banyak lika-liku yang harus kita lewati dan jalani. Semua itu sudah menjadi hal yang wajar dan lumrah.

Kunci dari setiap hal yang ada, merupakan rasa syukur tanpa membandingkan kehidupan kita dengan orang lain. Merasa cukuplah akan sesuatu hal, jangan terlalu serakah untuk meraih segalanya.

Tapi dengan adanya proses yang sulit, justru akan mengajarkan kita banyak hal. Dan tentunya kita akan lebih menghargai setiap prosesnya.

Advertisement

Terkadang terbesit dipikiran kita, enak ya orang-orang yang memiliki orang tua sukses, mereka tinggal melanjutkan kesuksesan yang orang tuanya bangun dan tak perlu merasakan susahnya hidup. Kita tak perlu seperti mereka. Dan kita tak perlu banyak mengeluh akan susahnya hidup, karena dengan mengeluh, kalian akan semakin berat untuk menjalaninya.

Terlalu sempit jika kita mengukur kebahagiaan dengan batasan sebuah materi. Karena bahagia yang mutlak yaitu berkumpul dan merasakan susah senang dengan keluarga tercinta.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya