Bagi mereka yang sudah bekerja, mungkin tidak selalu mendapat kesempatan untuk bekerja sesuai jurusan yang diambil sewaktu kuliah, apalagi sesuai passion. Banyak dari mereka yang "pindah jalur", namun kehidupan seperti menuntut demikian. Karena hidup adalah pembelajaran tanpa akhir, bukan? Terkadang, melihat teman-teman yang sudah bekerja sesuai dengan passion dan kesukaannya, memang bikin iri. Untuk bekerja sesuai hobbi memang menyenangkan, namun ada beberapa hal yang juga perlu Kamu pertimbangkan.

1. Gaji nomor dua

Memang tidak semua hobi dapat disalurkan ke banyak perusahaan. Mereka yang beruntung adalah yang tetap dapat bekerja sesuai hobi di dalam sebuah perusahaan atau perusahaan milik sendiri. Namun, jika kamu ingin bekerja sesuai hobi, Kamu harus menomorduakan gaji karena itu bukanlah tujuan utamamu. Biasanya, tujuan utamanya adalah memiliki waktu yang cukup fleksibel, memiliki area kerja yang lebih menyenangkan, dan dapat bekerja dari rumah.

Advertisement

Dengan kondisi jalanan yang semakin lama semakin macet dan penuh sesak, memang lebih menyenangkan memiliki jam kerja yang lain daripada pekerja kantoran kebanyakan sehingga tidak perlu merasakan kemacetan atau dempet-dempetan di dalam kereta, kan?

2. Terus meningkatkan pengalaman

Karena hidup adalah sepanjang perjalanan yang penuh dengan pembelajaran, maka penting untuk terus meningkatkan pengalamanmu. Apalagi, ditambah dengan kemajuan teknologi yang semakin meningkat, jangan mau jadi yang ketinggalan. Gunakan setiap fasilitas yang diberikan sebaik mungkin. Jadi, bukan berarti kamu membiarkan kemampuanmu berada di batas yang itu-itu aja. Ini saatnya untuk meningkatkan pengalaman, memiliki banyak pembelajaran dan gunakan semuanya untuk mengupgrade dirimu sendiri. Kalau kamu tidak banyak mendapatkannya dari orang-orang terdekat, sering-seringlah browsing dan mencarinya sendiri. Itu nantinya yang akan memberikan nilai plus buat Kamu.

3. Membangun channel

Nah, ini penting. Zaman sekarang, membangun hubungan dan komunitas menjadi salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi. Networkmu harus luas, sehingga Kamu secara otomatis akan memberikan manfaat bagi dirimu dan karir ke depannya. Tapi bukan juga dengan sksd ya, namun bangunlah pertemanan sebaik-baiknya, dengan sebanyak-banyaknya orang. Kamu nggak akan pernah tahu kesempatan apa yang akan menunggumu di ujung jalan.

4. Membagi waktu dengan baik

Memiliki waktu yang fleksibel memang menjadi dambaan banyak orang, apalagi mereka yang sudah lama bekerja kantoran atau memiliki keluarga kecil. Nah, kalau ingin bekerja sesuai hobi, Kamu juga harus pintar dalam membagi waktu. Ada waktu untuk bersantai bareng temen-temen, ada waktu untuk kembali produktif dan bekerja, ada juga waktu untuk dihabiskan dengan keluarga atau diri sendiri. Karena memiliki waktu yang fleksibel tidak selalu berujung indah jika Kita tidak pintar dalam membaginya.

Advertisement

Jadi, sudah siap mencari pekerjaan lain yang sesuai dengan hobi? Mulai saja dulu dengan yang freelance, hingga Kamu mantap, memiliki portfolio yang matang dan siap untuk memulainya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya