Sakit ulu merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi dikarenakan penyakit lambung seperti asam lambung tinggi dan juga penyakit maag. Rasa sakit yang ditimbulkan oleh ulu hati membuat penderitanya sangat terganggu dan membuat tidak nyaman pada tubuh. Bahkan, nyeri ulu hati yang sudah parah bisa disertai dengan sesak nafas.

Untuk mengurangi rasa sakit tersebut, diperlukan pengobatan yang tepat agar rasa sakit tersebut dapat di atasi. Banyak orang yang menggunakan obat-obatan yang dijual di pasar. Obat yang berada di pasar tersebut memang dapat mengatasi rasa sakit ulu hati yang disebabkan oleh penyakit maag, namun rasa sakit tersebut akan kambuh kembali dan terjadi secara berulang sehingga harus kembali membeli obat tersebut. Maka dari itu, kami akan berbagi informasi mengenai cara meredakan sakit ulu hati secara alami yaitu dengan jahe.

Advertisement

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa masalah pada tubuh seperti nyeri ulu hati. Selain itu, jahe juga dapat diolah menjadi minuman penghangat saat cuaca dingin. Bahkan sifat penghangatnya tersebut banyak digunakan oleh produsen obat-obatan yang menjadikan jahe sebagai bahan racikan di dalam obat-obatan tersebut.

Dengan khasiatnya yang diketahui sangat efektif dalam mengatasi berbagai gangguan pada tubuh, tentunya kefektivitasannya tersebut berasal dari kandungan yang terdapat di dalam jahe. Berikut ini beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada jahe terdiri dari:

– Karbohidrat 10,12 gram. – Kalori 10,12 kal. – Protein 1,50 gram. – Lemak 1,00 gram. – Zat besi 1,60 mg. – Kalsium 21,00 mg. – Fosfor 39,00 mg. – Vitamin A 30,00 SI. – Vitamin B 0,02 mg. – Vitamin C 4,00 mg. – Air 86,20 gram.

Advertisement

Selain bermanfaat sebagai penghangat tubuh, jahe juga mampu mengatasi permasalahan pada sistem pencernaan seperti nyeri ulu hati dan penyakit maag. Selain itu, jahe juga dapat menjadi resep untuk mengatasi perut kembung, mual dan mutah, inflamasi atau peradangan serta perasaan terbakar di dada atau heartburn. Mengkonsumsi sepotong jahe ternyata dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh nyeri ulu hati secara alami.

Meskipun sangat baik bagi tubuh, rupanya jahe juga memiliki efek samping seperti diare dan membuat perut menjadi tidak nyaman. Jika gunakan pada kulit, kemungkinan rempah yang satu ini akan menyebabkan iritasi. Tidak hanya itu, ada beberapa kalangan yang harus hati-hati jika mengkonsumsi jahe seperti pada ibu hamil, ibu menyusui, penderita diabetes, memiliki gangguan pendarahan dan organ hati.

Mengkonsumsi jahe dalam jumlah yang besar dapat meningkatkan perdarahan. Agar khasiat jahe untuk mengurangi nyeri ulu hati dapat bekerja, diusahakan untuk tidak mengkonsumsi jahe lebih dari 10 gram perhari. Adapun cara membuat minuman jahe untuk mengurangi nyeri ulu hati seperti berikut ini:

Bahan:

– Sepotong jahe.

– ½ lemon.

– 3 gelas air.

– Madu murni.

Cara membuat:

– Parut jahe.

– Lalu tambahkan jahe tersebut ke dalam air dan jus lemon.

– Aduk beberapa saat hingga tercampur rata.

– Setelah tercampur, tambahkan madu secukupnya.

– Minuman pereda nyeri ulu hati ini siap disantap.

– Diusahakan untuk mengkonsumsinya setiap hari dan selalu perhatikan keluhan sakit anda akan hilang.

Itulah cara mengobati nyeri ulu hati dengan jahe, semoga bermanfaat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya