Destinasi di Inggris yang Menyimpan Keindahan Alam yang Memukau

#AyoKeUK

Highland, Skotlandia

Awal tahun 2016 lalu, portal Independent memaparkan hasil survey ONS (Office for National Statistics) yang menyatakan bahwa orang paling bahagia di United Kingdom berada di Highland, Skotlandia. Hasilnya luar biasa, lebih dari 43% orang yang tinggal di Highlands menyatakan kebahagiaan berada di level tertinggi! Secara nggak resmi, Skotlandia ini dibagi 2: Highlands dan Lowlands.

Glencoe berada diantara perbatasan keduanya, berdekatan dengan Gunung Ben Nevis yang tingginya lebih dari 4000 kaki. Secara geografis, Glencoe adalah lembah yang terbentuk karena peristiwa geologis gunung api ratusan juta tahun lalu. Uniknya, proses itu membuat Glencoe memiliki deretan perbukitan yang kalo hujan, air akan mengalir mengisi lembahan sungai berkelok yang membuat pemandangan jadi ciamik.

Katanya kawasan Glencoe juga menjadi tempat shooting film Skyfall-nya James Bond. Tempat ini menurut saya bagus untuk refreshing otak atau sekedar melepas penat karena kesibukan aktivitas. Dalam perjalanan naik bus berbayar terdapat jalur kereta West Highland Railway yang disebut-sebut sebagai jalur kereta paling Indah di Britania dan bersaing indahnya dengan El ChePe di Meksiko atau Semmering Railway di Austria. Untuk keliling Highland kita dapat mengikuti daily tour yang berangkat dari Edinburgh. Ada dua tur yang dapat diikuti: Scottish Tours (bayar) dan Hairy Coo (gratis). Tapi selain dua itu, masih ada beberapa lagi dengan paket tur yang beragam.

Perjalanan ke highland Scotland benar-benar membuka mata kita bahwa ternyata Britania Raya tak melulu perihal kecantikan gedung bergaya Victorian, tapi ternyata juga menyimpan keindahan alam di bagian utaranya. Gunung, perbukitan, padang ilalang, hingga danau yg memukau. Menurut Ka Dewi tempat ini adalah salah satu destinasi yg harus dikunjungi jika ke UK. It's like a hidden germ, I would say it's more than beautiful. Lagi-lagi menjadi bukti, bahwa ciptaan-Nya tak ada yg menandingi. Menjadi bahan bertafakkur hati, akan kelemahan diri. Agar senantiasa menyadari, bahwa kuasa-Nya lah yang menaungi "… He created everything and determined them in exact proportions”. (Qu'ran 25:2)

Glencoe

2. Loch Ness

Orang Skotland menyebut danau ini The Victorian Playground karena sejak dulu sekali, danau ini udah jadi tempat wisata favorit apalagi tercatat bahwa kapal uap Sir Walter Scott itu pertama kali berlayar di danau ini. Menurut Wikipedia, ada lebih dari 30.000 danau di Skotlandia! Buanyak ya! Nah salah satu yang terkenal adalah Loch Ness. Pada episode 102 komik Doraemon, Nobita dan Dorami berhasil menemukan Nessie, monster legendaris yang konon bersemayam di dasar Loch Ness. Dorami memancing si monster untuk berenang dari Skotlandia ke danau belakang sekolah which is di Jepang melalui lorong yang menghubungkan kedua danau tersebut.

Nessie yang digambarkan berleher panjang ini konon adalah makhluk purbakala yang 'terjebak' di danau sejak puluhan ribu tahun lalu. Jadi dahulu kala, Skotlandia diselimuti oleh glasier-glasier raksasa. Pas glasier itu mencair, aliran air memenuhi daratan dan mengikis wilayah bebatuan. Saat itulah para makhluk purbakala berenang keliling Skotlandia sampai akhirnya air surut, muncul daratan-daratan dan terbentuk lah danau. Hal itu yang menyebabkan makhluk purbakala yang lagi berenang jadi berada di dalam danau. Nessie konon adalah salah satu yang mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi air dan bertahan hidup. Tapi ya pas juga sih Nessie tinggal di sini, karena Loch Ness ini adalah danau paling dalam di Eropa!

3. Museum London

Museum ini mendokumentasikan sejarah London dari pra-sejarah sampai masa modern. Museum tersebut terletak di Tembok London, dekat dengan Barbican Centre sebagai bagian dari kompleks bangunan Barbican yang dibuat pada 1960an dan 1970an sebagai langkah inovatif untuk pengembangan ulang sebuah kawasan yang dirusak bom di Kota London. Tempat ini berjarak beberapa menit perjalanan dari utara St Paul's Cathedral, di sepanjang reruntuhan tembok kota Romawi dan tepian bagian tertua dari London, yang sekarang menjadi distrik keuangan utamanya.

Museum ini utamanya menyoroti sejarah sosial London dan para penduduknya sepanjang zaman. Museum tersebut sama-sama dikontrol dan didanai oleh City of London Corporation dan Otoritas London Raya. Museum tersebut adalah koleksi sejarah perkotaan terbesar di dunia, dengan lebih dari enam juta objek. Museum tersebut dikunjungi lebih dari satu juta orang setiap tahun. Tempat ini adalah tempat ayng direkomendasikan kaka tingkat saya yakni Ka Ervina yang pernah berkunjung ke sana.

4. British Museum

Museum ini terdapat di Great Russell Street, London. Tempat ini memiliki koleksi barang antik yang terbaik di dunia, British Museum memiliki lebih dari 13 juta artefak, mulai dari Asyur, Babilonia, Mesir , Yunani , Kekaisaran Romawi, China , dan Eropa. Artefak kuno yang paling terkenal adalah Elgin Marbles dari Parthenon di Athena dan Rosetta Stone yang dibuat sekitar abad ke-5 SM. Selain itu, koleksi artefak Mesir Kuno disini merupakan yang terbesar di dunia setelah Kairo , serta disini anda bisa melihat Treasure Mildenhall, yaitu artefak yang berwujud tumpukan perak yang berasal dari bangsa Romawi kuno yang dibuat sekitar abad ke-4.

Foto dari ig Ka Ervina ini adalah patung Caryatids yang menyangga kuil Erectheion di Museum Acropoli, Yunani.Patung ini aslinya berjumlah 6. Namun salah satunya berada di British Museum. Pada awal abad 19. Lord Elgin seorang bangsawan dari Inggris mengamankan peninggalan bersejarah peradaban manusia, mengangkut salah satunya patung Caryatids ini ke London. Jadi terdapat 5 patung dan 1 lagi adalah replikanya demi menyangga kuil Erectheion. Walaupun pemerintah Yunani sudah berusaha keras meminta kembali patungnya tapi sampai saat ini pemerintah Inggris belum mau menegembalikannya. Semoga patung ini bisa berkumpul bersama ya

5.Big Ben

Tempat ini terletak di Pusat kota London tepatnya di sebelah utara Westminster Palace. Tempat ini sangat wajib dijadikan latar belakang foto saat anda berlibur ke London. Ya, Big ben sendiri merupakan sebuah menara yang memiliki arsitektur bergaya Gothic Revival dengan jam besar di atasnya.

Bangunan ini menjadi ikon dari kota London, bahkan menjadi identitas dari Negara Inggris. Disebut juga sebagai Elizabeth Tower yang dibangun pada tahun 1823 dengan tinggi sekitar 96 meter. Jam yang berada di menara ini memiliki ukuran garis tengah sekitra 7 meter dengan berat bel 16 ton

Buku dari Indonesia aja bisa ke Inggris masa kamu nggak?

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya