Hai, selamat yah yang mau melanjutkan kuliah SI

ada beberapa hal yang akan saya bagikan kepada anda sebagai calon mahasiswa SI

1. Tanamkan niat yang baik dalam hati

Oke, yang pertama dan paling utama niat, kenapa? karena niat akan menentukan hasil dari sebuah pekerjaan. Dari sekian banyak calon mahasiswa SI, pastinya ada berbeda niatnya untuk kuliah SI. Tidak menutup kemungkinan ada yang niatnya mencari ilmu, mencari ijazah untuk melamar pekerjaan yang dicita-citakan, hanya mencari pengalaman, dan sebagainya. Tapi kembali lagi bahwa niat adalah yang paling penting, misalkan anda memilih jurusan tertentu, maka tanamkan niat dalam hati bahwa anda akan sungguh-sungguh menuntut ilmu di jurusan tersebut dan nantinya bidang yang akan digeluti akan bermanfaat bagi anda. Jika, anda masuk ke jurusan yang bukan harapan anda, maka niat bisa diawali ketika masuk kuliah perdana. Sebab niat adalah pembimbing anda sampai akhir kuliah. Kelihatan dong orang yang bermalas-malasan pasti kurang menata niat.

2. Mencari Tempat Tinggal Yang Cocok dan Baik

Advertisement

Pertama, yang harus dipertimbangkan adalah lingkungan, kenapa? karena lingkungan akan mempengaruhi anda dalam langkah anda menuju kesuksesan. Diusahakan mencari tempat tinggal yang lingkungannya mendukung anda dalam menjalankan perkuliahan. Kedua, memilih teman, kenal dan bergaul kepada semua orang itu baik ya, tapi anda harus memilih salah satu atau salah dua yang dianggap sebagai orang yang bisa menemani anda menuju kesuksesan. Itu penting! Orang yang sukses bisa dilihat siapa teman dekatnya, mungkin hanya dua saja cukup untuk dijadikan pertimbangan dalam memilih tempat tinggal.

3. Ikut Berorganisasi

Penting! karena di sebuah organisasi anda akan mendapatkan pengalaman yang tidak akan anda dapati di kelas. Misal pengalaman berkomunikasi dengan teman kerja, berlatih memimpin, mempunyai jaringan yang luas, berlatih menghadapi masalah dan mampu menyelesaikannya. Itu sebagian manfaat dari berorganisasi. Jadi, jangan ragu untuk ikut berorganisasi. Dan yang paling penting adalah memilih organisasi yang baik dan cocok untuk anda.

4. Tetap Semangat Kuliah

Meskipun anda disibukkan dengan berbagai kegiatan organisasi, tapi tujuan utama anda tetap lulus cepat dan mendapat gelar baik. Kembali lagi kepada niat anda kuliah!